WHO Nyatakan Akhir Pandemi Covid-19 Sudah Di Depan Mata

Organisasi kesehatan dunia (WHO) mengatakan bahwa akhir dari pandemi Covid-19 sudah ada di depan mata usai kasus Covid-19 yang terus menurun beberapa waktu terakhir.

WHO Nyatakan Akhir Pandemi Covid-19 Sudah Di Depan Mata
WHO nyatakan akhir pandemi Covid-19 sudah di depan mata. Gambar : Reuters.com/Dok. Dado Ruvic

BaperaNews - Organisasi kesehatan dunia (WHO) menyatakan pandemi Covid-19 hampir berakhir. Pernyataan itu disampaikan dari data jumlah kasus dan kematian akibat Covid-19 yang terus menurun beberapa waktu terakhir.

“Kita tidak pernah berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengakhiri pandemi, kita belum sampai disana, tapi akhir pandemi Covid-19 sudah di depan mata” ujar Dirjen WHO Tedros Abraham pada Rabu (14/9).

Tedros Abraham mengungkap, jumlah kematian mingguan akibat Covid-19 pada minggu lalu ialah yang terendah sejak Maret 2020, ia meminta semua pihak untuk mengakhiri pandemi Covid-19 sekuat tenaga.

“Kita berada di posisi menang, tapi sekarang ialah waktu terburuk untuk berhenti berlari, sekarang ialah waktunya untuk berlari lebih keras dan memastikan kita melewati garis dan menuai hasil dari semua usaha kita” imbuhnya.

Meski demikian, Tedros Abraham mengingatkan masih ada resiko lebih banyak varian, gangguan, ketidakpastian, dan kematian. WHO merilis enam ringkasan kebijakan yang menguraikan tindakan utama yang harus diambil pemerintah untuk mengakhiri pandemi.

Baca Juga : WHO: Penyebaran Wabah Cacar Monyet Kini Kian Melambat di Eropa!

Rekomendasi tersebut ialah mendesak Negara untuk investasi pada 100% kelompok paling berisiko seperti orang tua dan tenaga kesehatan. Laporan tersebut berdasar pada bukti dan pengalaman selama 32 bulan terakhir, yang memberi panduan cara menyelamatkan nyawa, melindungi sistem kesehatan, dan menghindari gangguan sosial serta ekonomi.

Meski jumlah kasus Covid-19 telah berkurang secara signifikan, tren telah menunjukkan openuruna yang stabil baik secara global maupun di Amerika Serikat.

WHO melaporkan jumlah kasus Covid-19 mingguan turun di semua wilayah, dengan penurunan total 28% dibanding pekan sebelumnya.

Dari 11 ribu kematian per tanggal 2 dan 11 September 2022, angkanya turun 22% dibandingkan dengan minggu sebelumnya. Secara global, jumlah kematian per 11 September 2022 ialah 6,4 juta, namun WHO menyebut penurunan kasus Covid-19 ini bisa saja menipu karena banyak Negara juga mengurangi jumlah tesnya.

“Jumlah kasus Covid-19 yang dilaporkan ke kami, yang kami tahu di bawah sebenarnya” tutupnya.

Maka cara terbaik untuk mengakhiri pandemi Covid-19 ialah tetap menjalankan protokol kesehatan seperti mencuci tangan dengan air dan sabun serta menghindari kerumunan, menjalankan pola hidup sehat, dan segera berkunjung ke fasilitas kesehatan terdekat, jika mengalami tanda gejala Covid-19 agar bisa dideteksi lebih awal dan mengurangi resiko penularan kepada orang terdekat.

Baca Juga : Wajib Tahu! Ini 7 Fakta Varian Omicron yang Mendunia