Waduh! Guru SMK di Jateng Ikut Pesta Miras Bareng Murid

Viral video di media sosial memperlihatkan seorang guru di Grobogan, Jawa Tengah, tengah pesta miras bersama murid-muridnya.

Waduh! Guru SMK di Jateng Ikut Pesta Miras Bareng Murid
Waduh! Guru SMK di Jateng Ikut Pesta Miras Bareng Murid. Gambar : Kolase Instagram/@GroboganViral.id

BaperaNews - Sebuah video berdurasi 52 detik menjadi viral, memperlihatkan seorang guru di Grobogan, Jawa Tengah, tengah pesta miras bersama murid-muridnya.

Dalam rekaman video pesta miras tersebut, terlihat sang guru duduk bersama sejumlah murid, baik perempuan maupun laki-laki, dengan botol miras terletak di depan mereka. Dugaan kuat, kejadian tersebut terjadi di sebuah rumah kosong yang dekat dengan sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Uswatun Hasanah, membenarkan keabsahan video tersebut. Ia menyatakan bahwa sang guru yang terlibat telah diberhentikan dari pekerjaannya.

"Berdasarkan pertemuan dengan pihak sekolah, Cabdin (Cabang Dinas) IV, kepsek (kepala sekolah) guru yang bersangkutan telah melakukan pelanggaran berat. Maka diberhentikan jadi guru," ungkap Uswatun Hasanah.

Tidak hanya memberhentikan sang guru, pihak Dinas Pendidikan dan yayasan sekolah juga memberikan pendampingan dan pemeriksaan kesehatan kepada para murid yang terlibat dalam peristiwa tersebut.

Baca Juga : Dor! Balon Gas Meledak saat Perayaan Hari Guru di Bekasi, 10 Guru Alami Luka Bakar

"Rekomendasi (Disdikbud Jateng), yayasan akan rapat keputusan 2-3 hari lagi. Tapi, yayasan sepakat ini pelanggaran berat," tambahnya.

Dilansir dari Kompas.com, kejadian serupa sebelumnya juga pernah terjadi di Provinsi Jambi pada 25 November 2022. Saat perayaan Hari Guru, delapan siswa SMAN 5 Jambi nekat mabuk miras, yang kemudian mengakibatkan mereka dikeluarkan dari sekolah.

"Sampai sekarang kita sudah panggil delapan orang tua siswa yang terlibat dalam masalah miras dan kita sepakat untuk mengeluarkan siswa karena sudah ada sekolah yang menerima," kata Kepala SMAN 5 Kota Jambi, Muhammad Salim.

"Semua masih proses. Jadi siswa-siswa ini belum dikeluarkan dari sekolah," sambungnya.

kejadian guru pesta miras ini tentu menimbulkan keprihatinan banyak pihak, terutama terkait dampaknya pada siswa yang meniru aksi serupa di masa yang akan datang, tentu hal ini harus jadi perhatian khusus.

Baca Juga : Berita Viral! Guru Cabuli Puluhan Siswi Satu Kelas di Karawang