Viral! Video Mobil Jatuh Dari Atas Hidrolik Saat Mencuci Mobil

Sebuah video beredar luas di media sosial memperlihatkan sebuah mobil jatuh dari atas hidrolik yang dipakai untuk tempat mencuci mobil!

Viral!  Video Mobil Jatuh Dari Atas Hidrolik Saat Mencuci Mobil
Ilustrasi Cuci Mobil. Gambar: Unsplash.com

BaperaNews - Beredar sebuah video di media sosial mobil jatuh dari atas hidrolik yang dipakai untuk tempat mencuci mobil, video diunggah oleh akun Tik Tok @iqram19, dalam video, terlihat sejumlah orang berusaha mengeluarkan mobil dengan menarik hidrolik, sayangnya tidak dijelaskan dimana dan kapan peristiwa tersebut terjadi. “Musibah tak ada yang tau kapan datangnya” demikian kalimat dalam video tersebut.

Marketing Manager AutoGlaze, Stephen Setyadi, mengatakan memang ada beberapa resiko mencuci mobil dengan hidrolik, tak sedikit ada kejadian mobil jatuh karena kesalahan atau malfungsi dari hidrolik itu sendiri.

“Pertama itu dari segi bisnis, investasi hidrolik memang jauh lebih mahal ya, kemudian banyak kejadian hidrolik runtuh karena malfungsi, kalau sudah terjadi maka fatal sekali” ujarnya. Selain itu, mencuci mobil dengan hidrolik juga tak bisa sembarangan.

Namun ada juga beberapa keunggulannya, dengan memakai hidrolik, mencuci kolong atau bagian bawah mobil jadi lebih mudah dijangkau karena bagian kolong terlihat, prosesnya juga memakai spray gun dengan tekanan tinggi yang lebih ampuh meruntuhkan kotoran.

Baca Juga: Hari Ini Marshel Widianto Akan Diperiksa Polisi Terkait Pembelian Konten Syur Dea Onlyfans

Namun harus dipahami pula bahwa tekanan air yang terlalu kuat bisa mengganggu piranti mobil, salah satunya piranti elektronik yang tersembunyi di bagian kolong mobil. “Mobil itu bagian bawahnya kan ada banyak komponen, kadang kalau tekanan airnya terlalu tinggi bisa mengganggu komponen itu, karenanya kita juga harus berhati-hati dengan mesin di bagian kolong” lanjutnya.

Selain itu, lanjut Stephen, bagi yang mencuci mobil dengan hidrolik model X harus hati-hati sebab jika penempatan tidak tepat bisa menimbulkan sejumlah kerusakan.

Head PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengungkap hal serupa, sebenarnya mencuci mobil dengan hidrolik C tidak masalah dan tidak merusak komponen kendaraan jika ditempatkan dengan benar. “Kalau posisi duduknya benar dan tidak mengenai bagian lain di bawah mobil maka akan aman” tuturnya.

Didi pun menyarankan, ketika mobil dicuci dengan hidrolik X pastikan penempatannya sudah mengikuti dudukan dongkrak dan lapisi dengan karet tebal untuk menghindari kerusakan sehingga kejadian mobil jatuh dari hidrolik yang viral di media sosial tersebut juga tidak akan terjadi. Tentunya insiden yang terjadi dalam video tersebut memang ada kesalahan entah itu dari malfungsi hidroliknya atau dari penempatan mobilnya.

Baca Juga: Ibunda Nagita Slavina, Rieta Amalia Mengugat Cerai Suami!