Viral Pengemis di Surabaya Paksa Minta Uang Rp5 Ribu

Petugas Satpol PP dan pihak kepolisian di Surabaya berhasil mengamankan seorang pengemis yang memaksa minta uang Rp5 ribu dengan alasan belum makan dan lapar. 

Viral Pengemis di Surabaya Paksa Minta Uang Rp5 Ribu
Viral Pengemis di Surabaya Paksa Minta Uang Rp5 Ribu. Gambar : Kolase Tiktok/@najib.spbu

BaperaNews - Video viral menunjukkan aksi seorang pengemis di Kawasan Bratang, Surabaya, yang memaksa pengendara mobil memberikan uang sebesar Rp5 ribu dengan alasan belum makan dan lapar. 

Pengemis yang diketahui berinisial AB tersebut terlihat dalam video memaksa pengendara memberikan uang sebesar Rp5 ribu rupiah.

Jika tidak diberi, pengemis tersebut terlihat marah-marah. Kejadian ini membuat petugas Satpol PP Surabaya dan kepolisian melakukan penelusuran dan berhasil mengamankan AB pada Sabtu, 25 November 2023, dini hari.

Kepala Satpol PP Surabaya, M Fikser, mengungkapkan bahwa AB sebelumnya pernah diamankan karena tindakan serupa yang meresahkan masyarakat. AB sudah pernah mendapat pembinaan setelah diamankan pada Jumat, 20 Oktober 2023, namun ia kembali melakukan perbuatannya.

"Dari data yang kita telusuri, yang bersangkutan pernah ditangkap. Kambuh lagi ini," kata Fikser pada Minggu, 26 November 2023. AB sering berpindah-pindah lokasi, bahkan menggunakan motor atau sepeda dalam aksinya.

Baca Juga : Pengemis Kaya di Bogor Kantongi Uang Rp 56 Juta Saat Terjaring Razia

Fikser menjelaskan bahwa jika AB merupakan warga Surabaya dan terbukti membutuhkan bantuan, Pemkot Surabaya akan menawarkan pekerjaan melalui program padat karya. "Kalau memang dia miskin, supaya dia bisa bekerja di program padat karya. Nanti Satpol PP akan menjadi saudara asuh yang bersangkutan," jelasnya.

Pada malam Sabtu, AB berhasil diamankan oleh polisi dan diserahkan ke Satpol PP pada dini hari Minggu, 26 November 2023. Kanit Jatanras Iptu Bobby menyatakan bahwa setelah pemeriksaan, tidak terdapat unsur pidana pada AB. AB akan didampingi oleh Satpol PP Surabaya agar tidak mengulangi perbuatannya lagi.

Satpol PP berkomitmen untuk terus melakukan penelusuran terkait data AB dan mengimbau warga untuk melaporkan kejadian serupa melalui Command Center 112. Fikser mengajak warga agar tidak memberikan uang kepada pengemis paksa minta uang dan segera melaporkan kejadian tersebut.

"Kami telusuri, AB ini berasal dari mana, kami juga akan dalami motifnya AB melakukan aksi itu. Satpol PP akan terus dampingi, jadi kami sebagai saudara asuh dari beliau ini," tutup Fikser.

@baperanews.com Petugas Satpol PP dan pihak kepolisian di Surabaya berhasil mengamankan seorang pengemis yang memaksa minta uang Rp5 ribu dengan alasan belum makan dan lapar. #viral #pengemisviral #pengemiselit ♬ الصوت الأصلي - البرنس

Baca Juga : Pengemis di Jaksel Ditangkap Gegara Ketauan Bawa Rp 18 Juta