Viral! Anak TK Wisuda di Gedung Mewah dan Pakai Toga, Bikin Ortu Shock

Orang tua terkejut saat anak-anak Taman Kanak-Kanak (TK) mengadakan wisuda di gedung mewah. Simak Berita Selengkapnya di sini!

Viral! Anak TK Wisuda di Gedung Mewah dan Pakai Toga, Bikin Ortu Shock
Viral! Anak TK Wisuda di Gedung Mewah dan Pakai Toga, Bikin Ortu Shock. Gambar: Kolase Tangkapan Layar Tiktok/@wfotiaphari

BaperaNews - Video viral menunjukkan anak-anak Taman Kanak-Kanak (TK) mengadakan wisuda di gedung mewah, lengkap dengan toga biru, membuat para orang tua terkejut. 

Video yang diunggah oleh akun TikTok @wfotiaphari pada (10/07/2024) ini memperlihatkan momen kelulusan yang luar biasa bagi anak-anak TK yang melanjutkan pendidikan ke Sekolah Dasar (SD).

"Sesuai janji tanggal 10 jam 10 malam mulai commissioning test," kata Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H Sumadilaga, kepada wartawan pada Sabtu (13/7).

Wisuda ini disaksikan oleh para guru dan orang tua murid yang duduk di bangku tamu di gedung berkarpet dengan pembatas di kanan dan kiri kursi. 

Saat anak-anak TK naik ke panggung, mereka didampingi oleh empat petugas berseragam putih yang membawa bendera, menambah kemewahan acara tersebut.

"Ternyata wisudaan anak TK kaya gini," tulis akun TikTok @wfotiaphari.

Video ini memperlihatkan kegembiraan dan kebanggaan orang tua yang melihat anak-anak mereka tampil dengan performa luar biasa. 

"Shock culture Tapi orang tua semua puas. Tiap anak nampil dengan performa yang luar biasa! Meskipun terkejut sama selebrasinya tapi rasa haru bangga nya juga luar biasaaa," tulis @wfotiaphari dalam unggahannya.

Dalam kolom komentar, banyak netizen yang memberikan tanggapan, beberapa di antaranya mengkritik penggunaan toga untuk wisuda anak TK

"Wisuda dan pemakaian toga hanya untuk jenjang bergelar dan cendekiawan ya, toga itu perwujudan jenjang akademis tertinggi dan gelar yang akan menemani nama anda seumur hidup, bukan buat ijazah anak TK," tulis pengguna TikTok @lawaklobadut8.

Beberapa komentar lainnya menyoroti biaya yang mungkin dikeluarkan untuk acara tersebut. "Kebanyakan biaya, kasihan yang nggak mampu. Dulu zaman saya sekolah TK, SD, SMP, SMA nggak pakai wisuda nggak masalah," ujar akun @iis521. "Ngapain TK ada kek gini ya Allah," kaget akun @Naura.azura.

Baca Juga : Uniknya Driver Ojol Bawa Makan dari Rumah Bak Bekal Anak TK

Meskipun ada komentar negatif, akun TikTok @wfotiaphari menjelaskan bahwa laporan keuangan sekolah terkait wisuda ini transparan dan harganya tidak mahal. 

"Laporan sekolahnya transparan. Harganya juga nggak mahal. Orang tua puas juga," balasnya.

Fenomena wisuda anak TK yang semakin mewah ini memicu berbagai reaksi dari masyarakat. Beberapa orang tua merasa bangga dan puas dengan acara tersebut, sementara yang lain merasa acara seperti ini tidak perlu diadakan karena menambah beban biaya.

Penggunaan toga dan upacara kelulusan biasanya identik dengan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, seperti universitas. 

Namun, beberapa tahun belakangan ini, tradisi wisuda mulai merambah ke jenjang pendidikan yang lebih rendah, termasuk TK dan SD. 

Hal ini membuat beberapa orang tua dan netizen terkejut, karena tidak biasa melihat anak-anak kecil mengenakan toga dan diwisuda dengan upacara yang mewah.

Selain itu, beberapa netizen juga mengomentari penggunaan dana sekolah untuk acara wisuda ini. Ada yang berpendapat bahwa wisuda seperti ini hanyalah cara bagi sekolah untuk mencari pemasukan tambahan. 

"Wisuda TK, SD, SMP, SMA kayak gini nggak gratis kan? Ini sebenarnya salah satu cara sekolah mencari pemasukan selain dari uang SPP - uang gedung. Dari 1 siswa jelasnya ada untung sekian persen," timpal akun @Mas Ido ????.

@baperanews.com

Orang tua terkejut saat anak-anak Taman Kanak-Kanak (TK) mengadakan wisuda di gedung mewah. #viral #wisuda #TK ♬ original sound - BAPERA NEWS

Baca Juga : Viral! Mahasiswi Ini Habiskan Rp14 Juta untuk Acara Wisuda