Tundra Esports Jadi Juara Kompetisi Dota 2 TI11, Raih Hadiah Rp 132 Miliar

Tundra Esports berhasil menjadi juara di kompetisi Dota 2 dalam ajang The International 2022 (TI11) usai mengalahkan Team Secret dengan skor 3-0.

Tundra Esports Jadi Juara Kompetisi Dota 2 TI11, Raih Hadiah Rp 132 Miliar
Tundra Esports berhasil jadi juara kompetisi Dota 2 di The International 2022. Gambar : dotaesports.com

BaperaNews - Tundra Esports berhasil membuktikan diri mereka sebagai tim Dota 2 terbaik di dunia usai menjuarai ajang The International 2022 (TI11). Pada babak final tersebut, tim Tundra Esports harus berhadapan dengan tim unggulan di kancah Dota 2, yaitu Team Secret.

Meskipun berhadapan dengan salah satu tim Dota 2 terkuat saat ini, Wu “Sneyking” Jingjun, Oliver “skiter” Lepko, Martin “Saksa” Sazdov, Leon “Nine” Kirilin, dan Neta “33” Shapira berhasil menang dengan skor 3-0 tanpa balas.

Kemenangan tersebut membuat tim Tundra Esports berhak meraih piala TI11 dan total uang hadiah sekitar US 8,489,501 (Rp 132 miliar). Sebagai informasi, kemenangan ini menjadi kemenangan pertama untuk skiter dkk pada kejuaraan dunia Dota 2 tersebut.

Melansir dari One Esports pada Senin (31/10), hal ini merupakan kedua kalinya skor 3-0 terjadi di babak grand final, sebelumnya Team Liquid juga berhasil melakukan hal serupa saat mendominasi Newbee di TI7.

Selama pertandingan, Nine dkk memang lebih diunggulkan dalam draft pemilihan hero mereka yang unggul dalam team fight dan performa individu.

Untuk lokasi pertandingan, babak The Playoff dari turnamen Dota 2 ini sendiri akan digelar di Suntec Convention Center, sementara untuk The Finals akan diselenggarakan di Singapore Indoor Stadium.

Baca Juga : Turnamen Mobile Legend MPLI 2022 Digelar 2-6 November

Informasi mengenai dijadikannya Singapura sebagai tuan rumah dari The International 2022 (TI11) sendiri telah dilakukan sejak bulan Mei 2022 lalu.

Diketahui, penyelenggaraan TI11 di Singapura ini menjadi yang pertama digelarnya kompetisi esports tingkat dunia ini di negara Asia Tenggara, sebagaimana mengutip dari The Verge pada Senin (31/10).

Sebagai informasi, beberapa negara yang menjadi tuan rumah Valve sebelumnya adalah Kanada, Amerika Serikat, Rumania, Jerman dan Tiongkok.

Sejak pandemi Covid-19 yang melanda pada tahun 2020 lalu, The International pun menunda gelaran tersebut di Stockholm, Swedia. Akan tetapi, permasalahan dengan otoritas setempat akhirnya membuat turnamen itu gagal untuk dilaksanakan.

Akhirnya pihak penyelenggara memutuskan untuk memindahkan The International ke Bucharest, Rumania. Akan tetapi, terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di negara tersebut membuat Valve harus menggelar ajang kompetisi tersebut tanpa adanya penonton.

Belum ada informasi lanjutan terkait apakah Valve bakal menerapkan langkah pencegahan lonjakan Covid-19 pada kompetisi tahun ini, mereka juga belum mengeluarkan pernyataan lebih lanjut.

Pada ajang The International yang digelar tahun 2021 lalu, Team Spirit yang merupakan tim esports asal Rusia berhasil keluar sebagai juara.

Baca Juga : Tiket M4 World Championship Mulai Dijual, Simak Harga Tiketnya