Jembatan Tua Usia 100 Tahun Di India Ambruk, Tewaskan 120 Orang

Jembatan tua yang sudah berusia 100 tahun di Gujarat, India Barat ambruk pada Minggu malam (30/10). Insiden tersebut menewaskan 120 orang dan proses pencarian korban masih terus dilakukan!

Jembatan Tua Usia 100 Tahun Di India Ambruk, Tewaskan 120 Orang
Jembatan tua usia 100 tahun di India ambruk. Gambar : REUTERS

BaperaNews - Jembatan tua berusia 100 tahun di Gujarat, India Barat ambruk pada Minggu malam (30/10). Menewaskan 120 orang, insiden ini disebut sebagai insiden paling mematikan di India dalam beberapa tahun terakhir.

“Kami sudah menemukan 120 jenazah, jumlah korban tewas kemungkinan bisa bertambah karena operasi pencarian korban masih terus dilaksanakan” ujar Kepala Polisi Gujarat, Dekavadiya pada Minggu (30/10).

Kejadian bermula ketika jembatan tua yang menjadi lokasi penyeberangan di Sungai Machu tersebut dipenuhi oleh pelancong lokal yang sedang berlibur akhir pekan sekaligus merayakan hari Diwali.

Jembatan tersebut memiliki panjang 230 meter, dibangun di masa penjajahan Inggris pada abad ke-19 dan kini usianya 100 tahun lebih, jembatan sebelumnya sempat ditutup untuk renovasi selama enam bulan, jembatan baru dibuka kembali untuk umum pada pekan lalu.

Jembatan yang disebut sebagai Julto Pool itu memang kawasan populer bagi para pelancong. Sesaat sebelum kejadian, ratusan orang berada di atas jembatan, jembatan ambruk pada pukul 18.40 waktu setempat.

Baca Juga : Kronologi Pesta Halloween Yang Tewaskan 151 Orang Di Itaewon Korsel

Sebelum kejadian, muncul sejumlah video pelancong di jembatan tersebut, memperlihatkan jembatan sangat ramai dan nampak bergoyang-goyang karena dipadati banyak orang sejak siang hari. Infrastruktur jembatan sudah tua, ditambah kelebihan muatan, membuat insiden jembatan ambruk tak terhindarkan.

Banyak anak-anak di atas jembatan ketika insiden terjadi. Seorang saksi yang juga korban bernama Prateek Vasava merasa bersyukur ia berhasil selamat. Ketika jembatan ambruk, ia jatuh ke sungai, ia kemudian berusaha sekuat tenaga berenang ke tepian dan berhasil, ia menyebut memang banyak anak-anak yang jadi korban karena hanyut di sungai.

“Saya ingin sekali menarik mereka bersama saya tapi mereka cepat sekali tenggelam dan terbawa arus” tuturnya. Sejumlah video di media sosial juga ada yang menggambarkan suasana panik pengunjung di tepi sungai yang melihat langsung jembatan ambruk, mereka berusaha sebisa mungkin membantu mereka yang jatuh ke sungai.

Video lain menunjukkan orang-orang berusaha memanjat di kawat jembatan maupun jaring jembatan agar tidak jatuh ke sungai. Petugas keamanan dikirim untuk menyelamatkan para korban. Namun sulit, orang-orang di atas jembatan banyak yang tenggelam dan terbawa arus sungai, tidak bisa terselamatkan.

Hingga kini polisi setempat masih mencari korban yang hilang dan menyelidiki sebab utama jembatan ambruk. Dugaan sementara jembatan ambruk karena usianya yang sudah tua, yang telah melemah infrastrukturnya ditambah dengan kelebihan muatan.

Baca Juga : Desa Di India Matikan TV Dan Ponsel Satu Jam Per Hari, Biar Warganya Saling Ngobrol