Nintendo Umumkan Akan Hentikan Operasional Wii U Dan 3DS eShop Di Tahun 2023

Nintendo ungkap kabar terkait penutupan bertahap toko digitalnya serta pengguna yang tidak bisa lagi berbelanja di eShop Wii U dan Nintendo 3Ds mulai Maret 2023 mendatang!

Nintendo Umumkan Akan Hentikan Operasional Wii U Dan 3DS eShop Di Tahun 2023
Nintendo Umumkan Akan Hentikan Operasional Wii U Dan 3DS eShop Di Tahun 2023. Gambar: Pixabay.com

BaperaNews - Kabar buruk datang dari perusahaan manufaktur konsol populer di Jepang. Nintendo dikabarkan akan menutup secara bertahap toko digitalnya untuk membeli game di Nintendo 3DS dan Wii U. Nintendo memberikan pengumuman terkait pengguna yang tidak bisa lagi berbelanja di eShop Wii U dan Nintendo 3Ds mulai Maret 2023.

Nintendo eShop merupakan sebuah toko online resmi yang menyajikan game dan produk digital untuk Nintendo 3DS dan Wii U. Hal yang sangat integral di kedua konsol ini sayangnya akan segera dimatikan di tahun depan.

Walaupun menutup layanan eShop, para pengguna tetap bisa bermain karena penutupan layanan ini hanya berlaku pada aktifitas membeli produk saja. Game yang dimiliki bisa kalian hapus dan unduh ulang sesuka hati.

Tahapan penghentian ini pun dimulai pada 23 Mei 2022, pengguna tidak bisa lagi memakai kartu kredit untuk mengisi saldo akun eShop Wii U dan Nintendo 3DS. Lalu per 29 Agustus mendatang, kartu hadiah atau gift card tidak bisa lagi digunakan untuk mengisi saldo akun eShop.

Baca Juga: Game Mobile Black Rock Shooter Fragment Dijadwalkan Rilis Secara Global Pada Tahun 2023

Selain itu, pengguna juga harus menebus kodesyang dimiliki sebelum bulan Maret 2023. Setelah Maret 2023, pengguna tidak bisa menggunakan saldo di akun Nintendo Wallet untuk membeli konten 3DS dan Wii U. Seperti yang sudah disebutkan, kalian masih bisa mengunduh game selama kalian telah membeli game tersebut sebelum layanan dimatikan.

Dukungan pun akan berkurang secara bertahap pada perangkat ini. Berkurang secara bertahap pada kedua perangkat merupakan mekanisme yang alami bagi gawai yang mulai jarang digunakan. Karena pada era yang sudah modern ini, game fisik sudah mulai jarang diminati oleh para gamer, terutama bagi para pemilik handheld seperti Nintendo Switch. Terasa sangat merepotkan untuk membawa begitu banyak cartridge jika sedang bepergian.

Diketahui, Nintendo Switch terbukti merupakan produk yang populer di kalangan para gamer, Nintendo 3DS dan Wii U tetap memiliki penggemarnya tersendiri. Hal tersebut terbukti apabila kalian rajin menelusuri komunitas modding seperti homebrew.

Ada begitu banyak pengembang dengan rasa cinta mereka pada konsol dan handheld milik Nintendo ini. Ambisi mereka yang besar melahirkan begitu banyak aplikasi homebrew, dari emulator untuk konsol generasi lama hingga game buatan mereka sendiri.

Baca Juga: Sony Janjikan Tanam Satu Pohon Untuk Setiap Player Yang Membuka Trofi Tertentu di Horizon Forbidden West