Tak Seperti Biasa, Ini Jam Operasional BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan Saat Tahun Baru 2024

Kantor BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan mengumumkan penyesuaian jam operasionalnya menjelang perayaan Tahun Baru 2024.

Tak Seperti Biasa, Ini Jam Operasional BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan Saat Tahun Baru 2024
Tak Seperti Biasa, Ini Jam Operasional BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan Saat Tahun Baru 2024. Gambar : Mi/Pius Erlangga

BaperaNews - Menyambut pergantian tahun baru 2024, kantor BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan mengumumkan penyesuaian jam operasionalnya.

Masyarakat yang membutuhkan layanan dari kedua lembaga ini, baik BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan, diharapkan untuk memperhatikan perubahan jadwal yang berlaku selama perayaan Tahun Baru.

Asisten Deputi Komunikasi Publik dan Hubungan Masyarakat BPJS Kesehatan, Agustian Fardianto, menjelaskan bahwa kantor BPJS Kesehatan tidak akan mengalami perubahan jam operasional pada libur Tahun Baru, khususnya pada tanggal 1 Januari 2024. Agustian menekankan bahwa pelayanan kantor BPJS Kesehatan akan tetap berjalan seperti biasa.

Dalam keterangannya, Agustian mengatakan, "Pada hari libur dan libur nasional, peserta dapat mengakses pelayanan administrasi, informasi, dan pengaduan dengan menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 24 Jam 165."

Namun, Agustian juga menegaskan bahwa peserta yang sedang berada di luar domisili masih dapat mengakses fasilitas kesehatan setempat yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Bagi peserta yang menghadapi kondisi kegawatdaruratan, mereka dapat mengakses langsung unit gawat darurat di fasilitas kesehatan terdekat.

Baca Juga : Simak! Inilah Daftar Alat Bantu Kesehatan yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Deputi Komunikasi BPJS Ketenagakerjaan, Oni Marbun, memberikan informasi terkait jam operasional kantor BPJS Ketenagakerjaan selama libur Natal dan Tahun Baru. Oni menyampaikan bahwa Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan di seluruh Indonesia akan ditutup pada tanggal 31 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024.

Sementara itu, pada tanggal 28-29 Desember 2023, layanan kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan tetap buka namun dengan jam operasional terbatas dari pukul 08.00 hingga 15.30 WIB.

"Oni Marbun menambahkan, "Seluruh kantor layanan BPJS Ketenagakerjaan akan kembali beroperasi normal pada Selasa, 2 Januari 2024." Untuk memudahkan masyarakat dalam memahami jadwal operasional, BPJS Ketenagakerjaan juga menginformasikan melalui akun Instagram resminya @bpjs.ketenagakerjaan.

Berikut adalah jadwal operasional kantor BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan selama libur Natal dan Tahun Baru 2024:

  • 28-29 Desember 2023: Seluruh kantor cabang buka dan melakukan pelayanan secara terbatas.
  • 31 Desember 2023 - 1 Januari 2024: Seluruh layanan e-service tutup sementara, kecuali e-PLKK dan SIAPkerja.
  • 2 Januari 2024: Layanan BPJS Ketenagakerjaan kembali beroperasi secara normal.

Baca Juga : Simple! Begini Syarat dan Cara Pinjam Uang ke BPJS Ketenagakerjaan