Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja Online, Cukup Pakai HP

Program Kartu Prakerja gelombang 46 akan segera dibuka, ketahui syarat dan cara daftar Kartu Prakerja online lewat Hp. Simak selengkapnya!

Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja Online, Cukup Pakai HP
Cara daftar program Kartu Prakerja online. Gambar : Dok. Kartu Prakerja

BaperaNews - Perlu kalian ketahui Kartu Prakerja bukan untuk menggaji pengangguran, namun bantuan biaya pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kerja. Jadi, bukan untuk menggaji para pengangguran ya!

Walaupun pendaftaran program kartu Prakerja gelombang 46 belum dibuka, namun tidak ada salahnya bukan menyimak informasi ini? siapa tau kalian ingin daftar program Kartu Prakerja dan tidak tau cara daftar Kartu Prakerja.

Program Kartu Prakerja merupakan program pengembangan untuk kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), dan pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Tujuan pada program Kartu Prakerja untuk meningkatkan produktivitas, mengembangkan kompetensi kerja, daya saing angkatan kerja, hingga mengembangkan kewirausahaan.

Program Kartu Prakerja hanya boleh diikuti oleh warga negara Indonesia yang berumur minimal 18 tahun dan maksimal 64 tahun untuk dapat menjadi Penerima Kartu Prakerja. 

Cara daftar Kartu Prakerja sangat gampang bisa melalui handphone (HP) kalian sendiri. Simak yuk cara daftar program Kartu Prakerja melalui HP.

Berikut Cara Daftar Kartu Prakerja:

  1. Buka akses laman www.prakerja.go.id.
  2. Klik masuk atau daftar sekarang untuk membuat akun Prakerja.
  3. Masukkan alamat email dan password berupa 6 karakter dan konfirmasi password.
  4. Ulangi password, klik daftar.
  5. Siapkan Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan data diri lengkap.
  6. Ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses verifikasi akun Prakerja.
  7. Siapkan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.
  8. Setelah mengikuti tes Prakerja secara online, lalu klik ‘Gabung’ pada gelombang Kartu Prakerja yang dibuka.
  9. Tunggu untuk pengumuman lolos program Kartu Prakerja.

Program Kartu Prakerja juga bisa diikuti oleh lulusan universitas unggulan dan sudah bisa bekerja karena program ini dibutuhkan untuk peningkatan kompetensi kerja dan keahlian. Namun, prioritas utama akan tetap diberikan pada pencari kerja usia muda dan pekerja maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak Covid-19.

Penting untuk kalian ketahui, jika sudah mengikuti program Kartu Prakerja tidak boleh mengikuti bantuan sosial lain dari pemerintah. Karena program Kartu Prakerja hanya diberikan untuk diri Anda penerima atau keluarga Anda yang belum terdaftar sebagai penerima bantuan sosial lain dari pemerintah.

Berikut Syarat Daftar Kartu Prakerja :

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) 18 Tahun ke atas dan maksimal 64 tahun.
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  3. Sedang mencari kerja, terkena PHK, atau pekerja/buruh yang butuh peningkatan kompetensi. Seperti, pekerja/buruh yang dirumahkan atau bukan yang sedang menerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.
  4. Bukan penerima bantuan sosial jenis lain selama pandemi Covid-19.
  5. Bukan pejabat Negara, anggota DPRD, ASN, TNI, Polri, Kepala desa atau Perangkat desa, Direksi, Komisaris, Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  6. Dalam 1 KK maksimal 2 NIK yang menjadi penerima Kartu Prakerja.

Baca Juga : Simak! Cara Daftar Bansos PKH Online, Syarat Hingga Kriteria Penerima