Sudah Dibuka, Begini Cara Daftar dan Syarat KIP Kuliah Merdeka 2023!

 KIP (Kartu Indonesia Pintar) Kuliah 2023 telah dibuka, diperuntukkan untuk membantu mahasiswa yang mengalami kendala ekonomi untuk lanjutkan pendidikan perguruan tingginya. Simak selengkapnya!

Sudah Dibuka, Begini Cara Daftar dan Syarat KIP Kuliah Merdeka 2023!
Sudah Dibuka, Begini Cara Daftar dan Syarat KIP Kuliah Merdeka 2023. Gambar : Instagram.com/@kipkuliah

BaperaNewsKIP (Kartu Indonesia Pintar) Kuliah 2023 telah dibuka, diperuntukkan untuk membantu mahasiswa yang mengalami kendala ekonomi untuk lanjutkan pendidikan perguruan tingginya.

KIP Kuliah diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. KIP Kuliah hanya untuk mahasiswa miskin atau rentan miskin. Yuk simak selengkapnya tentang KIP Kuliah 2023.

Apa Itu KIP Kuliah Merdeka 2023?

KIP Kuliah ialah bagian dari Program Indonesia Pintar (PIP) yakni bantuan uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah untuk peserta didik atau mahasiswa yang hidup di keluarga miskin dan rentan miskin agar mendapat dana bantuan pendidikan.

PIP Pendidikan tinggi diberikan dalam bentuk KIP Kuliah, bantuan dana dikirim ke rekening mahasiswa yang bersangkutan. Mahasiswa bisa memanfaatkan dana tersebut untuk kebutuhan kuliahnya. Bantuan diberikan per bulan dalam 5 klaster besaran sesuai wilayahnya yakni Rp 800.000, Rp 950.000, Rp 1.100.000, Rp 1.250.000, dan Rp 1.400.000. 

Baca Juga : Universitas Atma Jaya Buka Pendaftaran Beasiswa KIP Hingga 11 Juli, Berikut Syarat Dan Link Pendaftarannya!

Syarat Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2023

  • Lulusan SMA SMK sederajat di tahun berjalan atau maksimal 2 tahun sebelumnya
  • Lulus seleksi tes di jalur masuk perguruan tinggi negeri (PTN) atau perguruan tinggi swasta (PTS) terakreditasi
  • Memiliki prestasi akademik yang baik
  • Hidup dalam kondisi miskin atau rentan miskin
  • Memiliki KIP Pendidikan Menengah atau masuk di data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau di data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) atau berasal dari panti asuhan
  • Jika tidak masuk ketiga syarat poin di atas, harus menunjukkan bukti berasal dari keluarga miskin dengan surat keterangan pendapatan kotor orang tua per bulan atau Surat Keterangan Tidak Mampu dari desa setempat

Jadwal KIP Kuliah Merdeka 2023

Registrasi akun atau pendaftaran KIP Kuliah dilaksanakan pada 14 Februari - 31 Oktober 2023. Penetapan peserta baru ditetapkan pada 1 Juli - 31 Oktober 2023.

Sebagai informasi, sebelum mendaftar KIP Kuliah 2023 harus sudah lolos di perguruan tinggi terlebih dahulu baik itu negeri maupun swasta, baik itu melalui tes mandiri, SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi), maupun SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes). Jika belum diterima sebagai mahasiswa maka tidak bisa mendaftar KIP Kuliah 2023.

Cara Mendaftar KIP Kuliah Merdeka 2023

  • Lakukan pendaftaran secara online di kip-kuliah.kemdikbud.go.id
  • Masukkan alamat email, NIK, NISN, dan NPSN
  • Akan dilakukan validasi, jika berhasil, akan mendapat Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke email
  • Masuk ke laman KIP kuliah kembali dan masukkan nomor pendaftaran dan kode yang didapat
  • Proses pendaftaran selesai, pilih jalur dari SNBT atau Mandiri atau SNBP

Bagi yang dinyatakan lolos, lakukan verifikasi di perguruan tinggi agar diusulkan menjadi penerima KIP Kuliah 2023. Demikian informasi lengkap tentang KIP Kuliah 2023, semoga bisa dimanfaatkan oleh pihak yang benar-benar berhak ya!

Baca Juga : Jadwal dan Syarat Beasiswa ITS Jalur Mandiri 2023!