Simak! 5 Hal Yang Menjadi Ciri Khas Perayaan Idul Fitri di Indonesia

Perayaan Lebaran di Indonesia memiliki banyak ciri khas dan kegiatan yang biasanya dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Simak ciri khasnya dibawah ini!

Simak! 5 Hal Yang Menjadi Ciri Khas Perayaan Idul Fitri di Indonesia
5 Hal Yang Menjadi Ciri Khas Perayaan Idul Fitri di Indonesia. Gambar: Unsplash.com

BaperaNews - Hari Raya Idul Fitri menjadi perayaan yang paling dinantikan dan berkesan bagi seluruh umat Muslim di dunia, tak terkecuali Indonesia. Setelah satu bulan penuh menjalankan Ibadah Puasa, seluruh umat Muslim akan menyambut datangnya hari kemenangan. Perayaan Lebaran di Indonesia memiliki banyak ciri khas dan kegiatan yang biasanya dilakukan oleh masyarakat Tanah Air.

Nah, ingin tahu ciri khas masyarakat Indonesia dalam merayakan Lebaran? Mari simak rangkuman berikut ini.

  1. Saling Bermaaf-maafan

Setelah selesai melakukan shola tied, para keluarga akan berkeliling dari satu rumah ke rumah lainnya yang berada di sekitar lingkungan mereka untuk bersilatuhrahmi dan bermaaf-maafan atas kesalahan yang pernah mereka lakukan. Momen ini menjadi tradisi yang paling utama dalam Hari Raya Idul Fitri.

  1. Berpakaian dengan Baju Baru di Hari Raya

Salah satu ciri khas yang paling mencolok dalam perayaan Lebaran adalah soal penampilan. Biasanya di momen Idul Fitri, setiap orang akan mengusahakan mengenakan pakaian terbaiknya. Bahkan tak jarang yang sengaja menyiapkan pakaian baru untuk momen Lebaran dari jauh-jauh hari.

Baca Juga: 10 Tips Mudik Aman Dan Nyaman Bareng Keluarga

  1. Sajian Lebaran

Ciri khas lainnya dari perayaan Lebaran adalah sajian lebaran. Pasalnya, momen Lebaran akan diisi dengan kunjungan ke rumah keluarga atau kerabat terdekat. Dalam kunjungan tersebut biasanya sang tuan rumah sudah menyiapkan banyak sajian Lebaran untuk disantap bersama. Sajian yang populer saat perayaan Idul Fitri adalah ketupat, opor ayam dan kue-kue kering. Berbagai macam kue biasanya sudah tersaji rapi untuk menjadi jamuan bagi keluarga ataupun tamu-tamu yang datang untuk bersilaturahmi.

  1. Tunjangan Hari Raya (THR)

Ciri khas yang tidak boleh ketinggalan ialah pemberian THR. Umumnya, saat Idul Fitri, bagi mereka yang sudah dewasa dan bekerja atau berkeluarga akan memberikan uang baru untuk saudara atau kerabat. Biasanya diberikan kepada anak-anak sambil bersilatuhrahmi. Dan biasanya THR yang diberikan berupa uang kertas yang masih baru sehingga akan menjadi hal yang menyenangkan saat menerimanya. Ciri khas momen Lebaran satu ini termasuk yang paling dinanti-nanti, terutama oleh anak-anak.

  1. Mudik

Mudik merupakan kegiatan perjalanan menuju kampung halaman. Mudik menjadi salah satu tradiisi masyarakat Indonesia setiap hari raya idul fitri. Pasalnya, di momen Lebaran tersebut setiap orang ingin merayakan Lebaran dengan kumpul keluarga. Masyarakat yang tinggal di kota-kota besar akan pulang ke kampung halaman untuk menemui keluarga besarnya.

Baca Juga: Catat! Ini Waktu Yang Dianjurkan Untuk Membayar Zakat Fitrah