Sering Buang Air Kecil ? Jangan-Jangan Kamu Mengidap Penyakit Ini!

Sering buang air kecil ternyata perlu diwaspadai, Bisa jadi kamu mengalami salah satu dari penyebab buang air kecil berikut ini

Sering Buang Air Kecil ? Jangan-Jangan Kamu Mengidap Penyakit Ini!
penyebab sering buang air kecil, bisa jadi penyebab penyakit. Gambar : Bzndenis/pixabay.com

BaperaNews - Proses keluarnya urine dari bagian kandung kemih disebut juga sebagai buang air kecil. Kebanyakan orang, dalam sehari biasanya buang air kecil setidaknya 6 hingga 8 kali. Namun ada juga yang lebih dari itu karena banyak mengkonsumsi air atau bahkan makanan dengan kandungan air yang tinggi.

Kebanyakan buang air kecil, sebenarnya juga tak baik bagi kesehatan kalian karena kadar garam dalam tubuh menjadi berkurang. Keseringan buang air kecil tidak hanya karena banyak mengkonsumsi minuman, tapi bisa jadi karena penyebab dari penyakit.

Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih memicu terjadinya pembengkakan sehingga kandung kemih tak punya kemampuan untuk menyimpan urin dalam jumlah banyak. Infeksi bakteri ini juga akan terjadi pada ginjal dan saluran kencing lainnya.

Gejala lain yang muncul saat terjadi infeksi saluran kemih antara lain seperti mual, demam, kedinginan dan perut bagian bawah akan muncul rasa nyeri.

Mengkonsumsi Diuretik

Obat diuretik dikenal sebagai obat untuk meringankan masalah pada hati, ginjal atau pun tekanan darah tinggi. Efek samping dari konsumsi diuretik adalah pelepasan banyak garam dari ginjal dalam bentuk urin. Sehingga menyebabkan orang yang mengkonsumsinya lebih sering buang air kecil.

Batu Ginjal

Pertanda penyakit batu ginjal juga bisa ditandai dengan seringnya buang air kecil. Gejala paling umum terjadi antara lain seperti kedinginan, mual, demam dan rasa sakit yang timbul pada bagian punggung kemudian lama kelamaan akan menjalar ke bagian paha.

Diabetes Mellitus

Pada penderita diabetes melitus yang masih pada tahap awal, penyaringan gula yang dilakukan oleh ginjal tak sepenuhnya berhasil. Sehingga gula tersebut akan memicu penyerapan lebih banyak air yang menimbulkan seseorang lebih sering buang air kecil.

Kehamilan

Kehamilan menyebabkan banyak ruang ditempati oleh bayi di dalam perut. Pergerakan bayi tersebut, membuat kandung kemih terdorong secara terus menerus sehingga menjadi pemicu seorang yang sedang hamil sering buang air kecil.

Vaginitis

Penyakit vaginitis seringkali menciptakan sensasi ingin buang air kecil secara terus menerus. Penyebab penyakit ini karena penggunaan bahan kimia dalam rangka perawatan atau pun detergen yang digunakan pada pakaian.

Tumor dan Kanker

Penyakit yang dianggap mematikan ini ternyata juga ditandai dengan seringnya buang air kecil. Keberadaan tumor atau sel kanker di dalam kandung kemih atau area sekitarnya, menjadi salah satu pemicu utama.