Seorang Pilot Mendadak Pingsan dan Meninggal Dunia Saat Penerbangan

Seorang Co pilot mengeksekusi pilot yang meninggal mendadak dengan pendaratan darurat di tengah penerbangan Miami-Chile.

Seorang Pilot Mendadak Pingsan dan Meninggal Dunia Saat Penerbangan
Seorang Pilot Mendadak Pingsan dan Meninggal Dunia Saat Penerbangan. Gambar: Pixabay/Dok. Thomaszbinden

BaperaNews - Seorang pilot mendadak pingsan di kamar mandi penerbangan komersial Miami ke Chile dengan 271 penumpang di pesawat. Co pilot pun melakukan pendaratan darurat di Panama.

Pilot yang pingsan kemudian meninggal dunia. Kejadian pada hari Minggu malam (13/8). Kejadian tidak membuat kepanikan berlebihan, co pilot dan seluruh kru pesawat mengambil langkah dengan tenang. Para penumpang juga mendapat penjelasan.

Pilot meninggal dunia usai ditemukan pingsan di kamar mandi bernama Ican Andaur (56). Ia adalah komandan penerbangan LATAM Airlines tujuan Santiago. Ivan mengalami serangan jantung di tengah penerbangan yang ia jalankan pada jam 11 malam.

Co pilot segera lakukan pendaratan darurat ke Bandara Internasional Tocumen di Panama sehingga korban juga cepat mendapat penanganan medis setelah pingsan di kamar mandi.

Perawat dan dokter di Bandara segera mengevakuasi korban, namun pilot dinyatakan telah meninggal dunia. Diduga Ivan terkena serangan jantung dan serangan makin parah ketika ia pergi ke kamar mandi yang membuatnya pingsan di kamar di tengah penerbangan hingga pilot meninggal dunia. Petugas medis di Panama menyatakan nyawa korban tidak bisa diselamatkan.  

Baca Juga : Pesawat Citilink Terpaksa Mendarat Darurat, Pilotnya Meninggal Dunia

Seorang saksi pilot meninggal yang merupakan penumpang pesawat tersebut bersaksi bahwa sekitar 40 orang usai pesawat diterbangkan, co pilot memberi pengumuman jika ada dokter di dalam pesawat mohon untuk memberi bantuan, namun tidak ada dokter disana.

Kondisi Ivan juga terus memburuk sehingga diputuskan melakukan pendaratan darurat. Co pilot sudah lakukan hal terbaik, sayangnya Ivan memang mengalami serangan jantung yang parah yang tidak memungkinnya untuk selamat.

Pesawat kembali terbang ke Chile usai pilot dievakuasi dan mendapat pertolongan kegawatdaruratan. Ivan dinyatakan meninggal dunia dan jenazah dikirim ke keluarganya.

Pihak keluarga menerima hal ini sebagai musibah dan tidak menyalahkan pihak manapun atas apa yang terjadi. Belum diketahui bagaimana riwayat kesehatan korban dan bagaimana kondisi terakhirnya sebelum penerbangan.

Co pilot yang putuskan pendaratan darurat mendapat apresiasi karena tetap mengusahakan keselamatan baik untuk pilot Ivan maupun untuk seluruh penumpang pesawat. Pada akhirnya tiap orang memang tidak bisa tahu kapan orang lain meninggal dunia.

Meski kadang terlihat tidak sakit dan baik-baik saja, serangan jantung bisa datang kapan saja terutama ketika penderitanya merasa stres, kelelahan, atau mengkonsumsi sesuatu secara berlebihan.

Baca Juga : Kronologi Pesawat Susi Air Dibakar KKB, Pelaku Sandera Pilot dan Minta Papua Merdeka