Simak! Ini 5 Presiden Yang Kabur Saat Negara Sedang Darurat

Situasi darurat krisis ekonomi yang kian memburuk di beberapa Negara membuat Presiden di negara nya harus kabur. Berikut Presiden yang kabur dari negaranya saat situasi sedang darurat!

Simak! Ini 5 Presiden Yang Kabur Saat Negara Sedang Darurat
Presiden yang kabur saat negaranya sedang dilanda krisis. Gambar : Reuters.com/Dok. Dinuka Liyanawatte

BaperaNews - Gotabaya Rajapaksa (Presiden Sri Lanka) saat ini tengah menjadi sorotan dari berbagai negara di belahan dunia usai kabur dari negaranya menuju ke Maladewa pada Rabu, 13 Juli 2022. Hal tersebut merupakan imbas dari situasi darurat krisis ekonomi yang kian memburuk.

Situasi krisis yang parah, pada akhirnya memicu gelombang protes besar-besaran yang mana menuntut Presiden dan Perdana Menteri segera mundur dari jabatannya.

Berikut Presiden yang Diketahui Kabur Saat Negaranya Sedang Dilanda Situasi Darurat :

1. Presiden Sri Lanka

Saat massa mencoba untuk menggeruduk kediaman dari Gotabaya Rajapaksa (Presiden Sri Lanka) yang dilakukan pada minggu lalu, pihak militer berhasil membantunya untuk pindah ke lokasi yang lebih aman yakni di pangkalan Angkatan Laut.

Gotabaya Rajapaksa (Presiden Sri Lanka) dilaporkan berencana untuk bertolak ke Uni Emirat Arab. Namun usahanya pun berhasil digagalkan oleh pihak imigrasi. Usai gagal terbang, kabar beredar bahwa dirinya mencoba memanfaatkan jalur laut menunju Maladewa, India, kemudian baru ke Uni Emirat Arab.

Pada akhirnya, Gotabaya Rajapaksa (Presiden Sri Lanka) memutuskan kabur dengan pesawat militer.

2. Presiden Afghanistan

Ashraf Ghani, Presiden Afghanistan juga diketahui pernah kabur menuju ke Uni Emirat Arab saat pihak Taliban menduduki Istana Kepresidenan pada bulan Agustus 2021 lalu. Kepergiaannya membuat publik heboh karena membawa uang negara dengan jumlah miliaran rupiah.

Namun menurutnya, bahwa hal itu dilakukan demi kebaikan negaranya agar tak terulang kembali situasi yang pernah terjadi di tahun 1990 an yakni perang sipil.

3. Presiden Yaman

Abd Rabbu Mansour Hadi (Mantan Presiden Yaman) sempat kabur dari negaranya menuju ke Arab Saudi karena adanya gejolak perang di negaranya pada tahun 2014 lalu. Gejolak perang tersebut merupakan buntut dari pihak Houthi yang berhasil mengambil alih kekuasaan pemerintahan dan berusaha mengkudeta Istana Kepresidenan.

Baca Juga : Kronologi Kaburnya Presiden Sri Lanka Ke Maldives Pakai Pesawat Militer

Abd Rabbu Mansour Hadi (Mantan Presiden Yaman) dipaksa untuk segera mundur dan dijadikan sebagai tahanan rumah pada masa itu.

4. Presiden Ukraina

Viktor Yanukovych (Mantan Presiden Ukraina) pernah kabur menuju ke daratan Rusia saat situasi negaranya sedang kacau balau pada Bulan Februari 2014 silam. Dengan bantuan pihak Moskow, akhirnya ia berhasil kabur. Kekisruhan tersebut, merupakan buntut tudingan masa pemerintahan Viktor Yanukovych yang korup.

5. Presiden Georgia

Mikheil Saakashvili (Mantan Presiden Georgia) pernah mengasingkan diri di negara Ukraina. Alasan dari kaburnya ke Ukraina, ternyata karena dampak dari tudingan penyalahgunaan jabatan selama masa pemerintahan di tahun 2004 hingga 2013.