Aturan Ramadhan Uni Emirat Arab: Tidak Boleh Nolak Jika Diajak Bukber

Pemerintah Uni Emirat Arab membuat aturan baru tentang Ramadhan 2023 yang wajib diterapkan semua masyarakat Arab termasuk yang non muslim, salah satunya adalah tidak boleh nolak jika diajak bukber.

Aturan Ramadhan Uni Emirat Arab: Tidak Boleh Nolak Jika Diajak Bukber
Aturan Ramadhan Uni Emirat Arab: Tidak Boleh Nolak Jika Diajak Bukber. Gambar : ANTARA/Dok. M Agung Rajasa

BaperaNews - Kurang dari 10 hari umat islam di seluruh dunia akan memulai berpuasa di bulan suci Ramadhan termasuk di Arab Saudi. Ada sejumlah aturan baru dibuat pemerintah Uni Emirat Arab untuk diterapkan di bulan Ramadhan 2023 ini.

Aturan Ramadhan Uni Emirat Arab wajib dilaksanakan semua masyarakat Arab termasuk yang non muslim. Penting untuk mengetahui aturan ini baik untuk warga lokal maupun untuk turis yang akan berkunjung ke Arab Saudi selama bulan Ramadhan 2023 ini.

Berikut Aturan Ramadhan Uni Emirat Arab 2023 yang wajib dilaksanakan seluruh manusia di Arab Saudi baik warga lokal maupun turis asing, baik umat islam maupun non muslim.

Baca Juga : Daftar Aturan Baru Pangeran MBS Terkait Ramadhan 2023, Dilarang Menyiarkan Shalat?

Aturan Ramadhan Uni Emirat Arab 2023

  1. Menghormati Tradisi Puasa

Warga Arab Saudi yang beragama non muslim tidak diminta untuk puasa selama ramadhan, namun harus menghargai umat islam yang sedang berpuasa. Warga non islam dan turis non islam dilarang untuk makan, minum, merokok, atau mengunyah permen karet di depan umum selama jam-jam puasa.

  1. Dilarang Nyalakan Musik Dengan Suara Keras dan Berbaju Kurang Pantas

Musik dilarang untuk dihidupkan dengan volume keras, juga dilarang bicara kasar dan menyinggung, atau berpakaian yang kurang pantas. 

Diketahui selama ini Arab Saudi terkenal akan busananya yang sopan dan menutup aurat. Maka untuk turis harus paham hal ini wajib dilakukan terutama di bulan ramadhan.

  1. Tidak Boleh Menolak Jika Diajak Bukber

Warga atau turis muslim dan non muslim tidak boleh nolak jika diajak bukber (Buka Puasa Bersama), wajib bergabung dengan ikut bersama ketika menyantap makanan buka puasa.

  1. Mal dan Resto Boleh Buka

Meski dilarang makan dan minum di tempat umum di jam-jam puasa. Pemerintah tidak meminta resto atau mall tutup selama bulan puasa.

Mall dan resto boleh buka selama bulan puasa dengan pertimbangan ada kalangan lain yang perlu dilayani seperti anak-anak atau lansia yang tidak berpuasa.

Namun resto dan mall diminta memberi perhatian khusus misalnya menutup tempat makan dengan kain sebagai bentuk menghargai umat islam yang berpuasa.

Demikian Aturan Ramadhan Uni Emirat Arab 2023 yang diwajibkan oleh pemerintah Uni Emirat Arab. Yuk saling menghormati dan saling menghargai selama bulan Ramadhan agar ibadah bisa dijalankan dengan maksimal!

Baca Juga : Kemenag Terbitkan Jadwal Imsak Ramadhan 2023