Selama Lebaran, "Car Free Night" di Jalan Malioboro Ditiadakan

Satlantas Polresta Yogyakarta akan menghapus Car Free Night atau CFN di jalan Malioboro dan sekitarnya saat masa mudik dan balik lebaran 2023.

Selama Lebaran, "Car Free Night" di Jalan Malioboro Ditiadakan
Selama Lebaran, Car Free Night di Jalan Malioboro Ditiadakan. Gambar : Dok. Antara FOTO

BaperaNews - Satlantas Polresta Yogyakarta mengumumkan rekayasa lalu lintas selama masa mudik dan balik lebaran 2023. Salah satu area jalan yang diterapkan ialah di Malioboro dan sekitarnya. Car Free Night atau CFN akan dihapuskan pada H-3 sampai H+3 Lebaran 2023.

“Kami sudah lakukan koordinasi bersama Dinas Perhubungan Yogya serta Dishub DIY dan kita sepakat pada H-3 sampai H+3 nanti setiap hari tidak dilaksanakan car free night, ditiadakan gitu CFNnya” tutur Kasatlantas Polresta Yogya AKP Maryanto pada Kamis (13/4).

Diketahui biasanya Car Free Night diterapkan di sepanjang jalan Malioboro mulai pukul 18.00-21.00 WIB. Di jam tersebut, kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil dilarang melintas.

CFN bertujuan memberi kesempatan pada pengunjung untuk menikmati kawasan Malioboro di malam hari dan memecah kepadatan jalan di sekitar kawasan Malioboro.

Namun karena di masa mudik dan balik lebaran pasti ada peningkatan jumlah kendaraan dan wisatawan, maka Car Free Night di jalan Malioboro untuk sementara ditiadakan, agar kendaraan bisa lewat sambil melihat Malioboro dari dalam kendaraannya tanpa harus keluar.

Baca Juga : Mau Mudik Lebaran? Catat Jadwal Ganjil Genap, One Way dan Contraflow!

“Jadi Malioboronya masih tetap dibuka untuk memberi akses pada pengunjung yang ingin menikmatinya dan juga untuk mengurangi kepadatan kendaraan seperti di area jalan siripnya di Pasar Kembang, Bhayangkara, atau Mataran agar lalu lintas bisa lebih lancar” imbuhnya.

Selain meniadakan Car Free Night di jalan Malioboro, Satlantas Yogya juga telah siapkan rekayasa lalu lintas untuk antisipasi kemacetan di jalan Malioboro maupun kawasan Yogyakarta lainnya. Diharapkan dengan adanya kebijakan ini bisa membuat lalu lintas di masa mudik dan balik lebaran 2023 bisa lebih rapi dan lancar.

Diketahui Yogyakarta menjadi salah satu kota tujuan mudik sekaligus kota tujuan wisata sepanjang masa libur lebaran ini. Jumlah orang di Yogyakarta akan meningkat drastis di masa-masa liburan dan di hari weekend.

Hal ini seringkali menimbulkan kemacetan dan kepadatan kendaraan. Satlantas mengupayakan agar di hari libur lebaran tidak terjadi kemacetan panjang.

Yogya memang terkenal dengan keindahan kotanya dan keberagaman wisatanya sehingga membuatnya jadi kota tujuan favorit untuk didatangi terutama bagi warga yang tinggal di Jawa Tengah dan sekitarnya.

Bagaimana dengan Anda, berencana mudik atau wisata ke Yogya juga selama libur lebaran 2023 ini?

Baca Juga : Kapolri Ajak Masyarakat Untuk Rutin Lihat Informasi Mudik Lebaran 2023