Daftar Perenang Andalan Indonesia di Ajang SEA Games 2023

Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) memberikan daftar perenang andalan Indonesia yang akan tampil di SEA Games 2023.

Daftar Perenang Andalan Indonesia di Ajang SEA Games 2023
Daftar Perenang Andalan Indonesia di SEA Games 2023. Gambar : Unsplash.com/Dok. Gentrit Sylejmani

BaperaNews - Pada SEA Games 2023 mendatang, pihak Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) memberikan target setidaknya 3 medali emas khusus untuk cabang olahraga renang.

Tidak heran, banyak wajah lama yang akan ikut diterjunkan untuk bisa memenuhi target tersebut guna membantu memperkuat tim dari Indonesia pada perhelatan akbar pesta olahraga se Asia Tenggara yang direncanakan akan berlangsung di Kamboja.

Wajah lama yang terlihat dalam daftar adalah I Gede Siman Sudartawa sebagai sosok perenang andalan Indonesia.

Di samping itu, perenang andalan Indonesia yang lainnya juga terlihat dalam daftar. Berikut ini beberapa daftar perenang andalan Indonesia di SEA Games 2023.

Daftar Perenang Andalan Indonesia di SEA Games 2023

1. I Gede Siman Sudartawa

Sesuai dengan namanya, Siman merupakan sosok atlet renang unggulan yang berasal dari Bali. Ia sudah mulai tertarik dengan olahraga renang saat masih sekolah kelas 2 SD. Pria yang lahir pada tanggal 8 Agustus 1994 tersebut juga mempunyai potensi besar pada spesialis nomor gaya punggung.

Pada SEA Games 2011 lalu, Siman berhasil memboyong setidaknya empat medali emas sekaligus. Tidak sampai disitu, Siman juga berhasil mencatatkan rekor bara pada nomor 100 meter dan juga gaya ganti beregu putra 4 x 100 meter.

Sepak terjang Siman lainnya seperti tampil di Olimpiade London pada tahun 2012, kemudian SEA Games 2012 memboyong medali perak, SEA Games 2015 menyumbang medali perak, SEA Games 2019 mendapatkan medali emas dan terakhir pada SEA Games 2021 yang diselenggarakan di Vietnam hanya memperoleh medali perunggu.

Baca Juga : PBSI Rilis Daftar Wakil Badminton Indonesia di SEA Games 2023

2. Fareel Armindo Tangkas

Sebagai salah satu atlet renang muda, Fareel Armindo Tangkas menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia. Pasalnya, ia sering berprestasi di kancah nasional maupun internasional.

Pada SEA Games 2019 yang diselenggarakan di Filipina, ia berhasil membawa pulang medali perak untuk nomor 200 meter gaya punggung putra. Kemudian SEA Games 2021 yang diselenggarakan di Vietnam berhasil memboyong medali perunggu untuk nomor yang sama.

Kemudian di ajang bergengsi SEA Age Group 2019 yang diselenggarakan di Kamboja. ia berhasil menyabet medali emas.

3. Gagarin Nathaniel Yus

Pria kelahiran tahun 1995 ini juga menorehkan banyak prestasi membanggakan untuk Indonesia. Prestasinya seperti medali emas pada SEA Games 2017 yang diselenggarakan di Malaysia untuk nomor gaya dada. Kemudian SEA Games 2021 Vietnam, ia berhasil membawa pulang medali perunggu.

4. Azzahra Permatahani

Ia masih menjadi pemegang rekor nasional untuk nomor 400 meter gaya ganti perorangan putri. Yang cukup membanggakan, Azzahra merupakan perempuan satu-satunya yang mendapat kesempatan lewat jalur wildcard di ajang olimpiade Tokyo.

Sederet prestasi juga beberapa kali ia sumbangkan untuk Indonesia seperti medali emas SEA Games 2014 Singapura, medali perak SEA Games 2017 Malaysia dan medali perak SEA Games 2019 Filipina.

Selain ke empat atlet tersebut, ada juga tiga atlet lain bernama Angelia Gabriella Yus, Masniari Wolf dan Flairene Candrea Wonomiharjo yang tak juga memiliki segudang prestasi.

Itulah beberapa wakil perenang andalan Indonesia yang akan diturunkan pada SEA Games 2023 Kamboja.

Baca Juga : Daftar Atlet Pelatnas Pencak Silat di SEA Games Kamboja 2023