Sejarah Dibalik Peringatan Hari Batik Nasional Setiap 2 Oktober

Indonesia memperingati Hari Batik Nasional pada 02 Oktober, Batik menjadi identitas penting untuk Indonesia. Berikut sejarah lengkap Hari Batik Nasional!

Sejarah Dibalik Peringatan Hari Batik Nasional Setiap 2 Oktober
Sejarah Hari Batik Nasional. Gambar : fineartamerica.com/Rahmat Nugroho

BaperNews - Hari yang sangat penting bagi tanah air kita yaitu Indonesia. Bagaimana tidak penting, pelestarian budaya ini menjadi identitas penting untuk Negara Indonesia.

Pada 2 Oktober, Indonesia memperingati hari Batik Nasional. Tak dipungkiri banyak orang yang berlomba-lomba memakai pakaian batik di hari tersebut.

Perkembangan batik dari masa ke masa selalu berevolusi, dimana batik dalam perkembangan dibuatnya bisa dipengaruhi oleh lingkungan.

Namun apakah kalian semua tau, sejarah batik yang merupakan unsur yang selalu ada dalam kehidupan pada zaman dahulu hingga sekarang. Simak yuk sejarah hari Batik Nasional setiap tanggal 2 Oktober!

Baca Juga : Rayakan Hari Batik Nasional 2022, Iriana Jokowi Ajak 3.000 Wanita Berkebaya

Sejarah Hari Batik Nasional

Batik dipercayai sudah ada sejak zaman Majapahit. Batik salah satu jenis karya rupa yang berkembang di seluruh Indonesia. Batik dikelilingi oleh berbagai simbol, teknik, dan kebudayaan yang melekat dengan Indonesia.

Di Indonesia sendiri batik memiliki peran penting dalam beberapa ritual tertentu, bahkan masyarakat Indonesia mengenakan pakaian batik sebagai busana sehari-hari di dalam kehidupannya.

Pada pertama kalinya batik diperkenalkan ke dunia oleh Presiden Soeharto saat menghadiri konferensi PBB. Bahkan, Soeharto juga memberikan batik sebagai cinderamata untuk para tamu negara.

Seiring berjalannya waktu, batik didaftarkan untuk mendapat Intangible Cultural Heritage di UNESCO pada 4 September 2008 lalu.

Perjalanan panjang membuahkan hasil pada era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Batik diterima secara resmi oleh UNESCO. Kemudian, Batik dikukuhkan sebagai warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

Penyambutan batik tersebut, Presiden SBY menerbitkan Keppres No 33 Tahun 2009 sebagai penetapan hari Batik Nasional juga dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap upaya perlindungan dan pengembangan batik Indonesia.  Keppres menyebutkan bahwa tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional.

Pada tahun 2019 tepatnya tanggal 1 Oktober, Sekretaris Jenderal Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) Hadi Prabowo menandatangani Surat Edaran Nomor 003.3/10132/SJ tentang Pemakaian Baju Batik dalam Rangka Hari Batik Nasional 2 Oktober 2019.

Tahun 2022 hari Batik Nasional diperingati pada Minggu (2/10), tentu hari libur, namun tidak ada salahnya bukan memakai batik pada hari libur untuk dikenakan di dalam rumah atau luar rumah untuk memperingati warisan budaya Indonesia. 

Jadi jangan lupa pakai batik yaa!

Baca Juga : Hari Batik Nasional, Berikut Daerah Penghasil Batik Di Indonesia