Segera Meluncur, Ini Daftar Stasiun yang Dilewati Kereta Cepat

Manager PT KCIC mengumumkan akan ada 4 stasiun yang dilewati oleh Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dari Jakarta sampai Kabupaten Bandung. Simak beritanya!

Segera Meluncur, Ini Daftar Stasiun yang Dilewati Kereta Cepat
Segera Meluncur, Ini Daftar Stasiun yang Dilewati Kereta Cepat. Gambar : Jawapos.com/Dok. Dery Ridwansah

BaperaNews - Manager PT KCIC (Kereta Cepat Indonesia China) Emir Monti mengungkap ada 4 stasiun jalur kereta cepat yang dilewati oleh KCJB (Kereta Cepat Jakarta Bandung) dari Kota Jakarta sampai Kabupaten Bandung. Empat stasiun jalur kereta cepat tersebut ialah :

  • Stasiun Kereta Cepat Halim Jakarta
  • Stasiun Kereta Cepat Karawang
  • Stasiun Kereta Cepat Padalarang Bandung
  • Stasiun Kereta Cepat Tegalluar Kabupaten Bandung

Pembangunan di  4 stasiun jalur kereta cepat tersebut saat ini terus dikebut dimana untuk Stasiun Halim dan Tegalluar pembangunan telah mencapai 93%.

“Untuk Stasiun Padalarang sekarang progressnya 63%, Stasiun Halim 92%” kata Emir pada Rabu (14/6) di Stasiun KCJB Halim.

Lebih lanjut, Emir menjelaskan penumpang dari Jakarta yang hendak menuju ke Bandung bisa berhenti di Stasiun Kereta Cepat Padalarang.

Dari situ, penumpang kemudian melanjutkan perjalanan ke Stasiun Bandung dengan KA feeder atau pengumpan yang tarifnya sudah termasuk dalam tiket KCJB, dengan demikian, penumpang tidak perlu membayar lagi.

“Feeder kami sudah punya keretanya jadi untuk rangkaian kereta sudah disiapkan oleh PT KAI yang nanti jadwalnya disesuaikan dengan jadwal kereta cepat” imbuhnya.

Baca Juga : Lowongan Kerja Kereta Cepat Juni 2023, Cek Syaratnya!

PT KCIC saat ini masih fokus pada sistem commissioning dan testing KCJB dengan CIT atau kereta inspeksi. Sebelumnya seluruh aliran listrik di jalur yang dilewati dimatikan untuk penyempurnaan prasarana KCJB. Diharapkan pada pertengahan Juni 2023 kereta inspeksi sudah bisa mulai diujicoba dengan kecepatan maksimal 300 km/jam.

Selanjutnya kecepatan kereta akan terus ditambah ke 350 km/jam hingga mencapai puncaknya 385 km/jam. Setelah tahap uji coba kecepatan maksimal tersebut bisa dilaksanakan dengan lancar, tahap berikutnya ialah uji coba trial run dengan rangkaian kereta penumpang pada Juli 2023 dimana akan dilakukan pengetesan menyesuaikan jadwal operasional KCJB yang diterapkan di hari nantinya ketika resmi beroperasi.

“KCJB dan seluruh stakeholder terkait akan terus lakukan percepatan pembangunan sarana prasarananya dengan tetap mengutamakan keselamatan untuk bisa selesaikan proyek strategis nasional sesuai target yang telah ditetapkan oleh pemerintah” pungkas Emir.

Adapun operasional KCJB direncanakan terlaksana penuh pada Oktober 2023 dan pada 18 Agustus 2023 mulai dilakukan uji coba penumpang di sekitar rel. Masyarakat sudah bisa mulai mencoba kereta cepat ini, untuk tarif uji cobanya belum diketahui ada tarif khusus atau akan digratiskan. KCIC masih menunggu sistem ticketingnya.

Baca Juga : China Minta APBN Jadi Jaminan Utang Proyek KCJB