Sandiaga Uno: Indonesia Butuh Konser Taylor Swift

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengusulkan kehadiran Taylor Swift di Indonesia sebagai langkah untuk meningkatkan industri pariwisata. Baca selengkapnya di sini!

Sandiaga Uno: Indonesia Butuh Konser Taylor Swift
Sandiaga Uno: Indonesia Butuh Konser Taylor Swift. Gambar : Instagram/@sandiuno

BaperaNews - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengungkapkan bahwa Indonesia membutuhkan kehadiran Taylor Swift untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Pernyataan tersebut disampaikan Sandiaga dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg TV yang disiarkan di YouTube pada Senin (19/2).

Sandiaga Uno menyebut bahwa untuk meningkatkan pariwisata selain Bali, Indonesia perlu mengikuti langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Singapura dan Australia, yaitu dengan membawa Taylor Swift ke Indonesia. Ia mengatakan bahwa Indonesia membutuhkan apa yang disebutnya sebagai "Swiftonomics" untuk mendukung industri pariwisata di negara ini.

"Swiftonomics" merujuk pada dampak ekonomi yang ditimbulkan oleh konser The Eras Tour dari Taylor Swift di berbagai kota di Amerika Serikat. Konser Taylor Swift tersebut mampu mendongkrak ekonomi lokal dengan lonjakan okupasi hotel, pajak dari aktivitas konsumsi para penonton, dan pendapatan pajak dari konser itu sendiri.

Baca Juga: PM Thailand Sebut Singapura Licik karena Borong Konser Taylor Swift

Meski demikian, kemungkinan untuk mengundang Taylor Swift ke Indonesia dalam rangka The Eras Tour dianggap hampir mustahil. Pasalnya, Swift sudah memiliki jadwal tur internasional hingga akhir 2024, dengan hanya menjadwalkan Tokyo dan Singapura sebagai pemberhentian di Asia, serta Melbourne dan Sydney di Australia.

Sandiaga Uno juga menyebut bahwa sejumlah pemimpin negara sebelumnya sudah mengajukan undangan kepada Taylor Swift untuk membawa The Eras Tour ke negara mereka. Namun, ada juga pemerintah yang memberikan insentif khusus demi menarik perhatian Swift, seperti yang dilakukan oleh Singapura.

Selain itu, Swift juga akan merilis album baru pada April 2024, yang kemungkinan akan diikuti dengan tur album pada tahun 2025. Sandiaga Uno berharap bahwa Indonesia dapat memulai insentif tersebut dengan pendanaan pariwisata sehingga negara ini bisa menawarkan berbagai acara menarik bagi para wisatawan di masa mendatang.

View this post on Instagram

A post shared by Bapera News (@baperanews)

Baca Juga: Sandiaga Uno Bakal Ubah Aturan Perizinan Konser dan Olahraga