Rumah Sakit Terbaik di Dunia Ada di Indonesia: RSUD dr Iskak Tulungagung

RSUD dr Iskak Tulungagung dinobatkan sebagai rumah sakit terbaik di dunia. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) ini menjadi satu-satunya wakil Indonesia dan berhasil meraih Gold Award dalam forum International Hospital Federation Congress and Award ke-43 di Oman, Uni Emirat Arab pada 2019.

Rumah Sakit Terbaik di Dunia Ada di Indonesia: RSUD dr Iskak Tulungagung
Rumah Sakit Terbaik di Dunia Ada di Indonesia: RSUD dr Iskak Tulungagung. Gambar: RSUD dr Iskak Tulungagung/dok.istimewa

BaperaNews - RSUD dr Iskak Tulungagung telah mengukir prestasi mengagumkan dengan dinobatkan sebagai rumah sakit terbaik di dunia.

Pencapaian monumental ini terjadi di forum International Hospital Federation Congress and Award ke-43 di Oman, 2019, mengalahkan rumah sakit-rumah sakit unggulan dari 78 negara.

Kepemimpinan Supriyanto Dharmoredjo sebagai Direktur memberikan perubahan signifikan dengan penerapan sistem pelayanan terpadu dan modern yang berbasis jaminan kesehatan nasional.

Gambar: RSUD dr Iskak Tulungagung/dok.istimewa

Pengakuan internasional ini bukan hanya membawa kebanggaan bagi RSUD dr Iskak Tulungagung tetapi juga mengharumkan nama Indonesia di kancah global.

Supriyanto Dharmoredjo: Arsitek Keberhasilan RSUD dr Iskak

Dibalik keberhasilan RSUD dr Iskak Tulungagung, berdiri tegak sosok Supriyanto Dharmoredjo, yang menjabat sebagai Direktur dan juga dinobatkan sebagai Direktur Rumah Sakit Terbaik Dunia pada tahun yang sama.

Gambar: RSUD dr Iskak Tulungagung/dok.istimewa

"Saya senang dan bangga karena ini adalah pengakuan tidak hanya untuk RSUD dr Iskak Tulungagung atau Kabupaten Tulungagung, tetapi juga untuk Indonesia," ungkap Supriyanto Dharmoredjo pada Kamis (2/11/2023).

Baca Juga : Pria di Sumut Paksa Ibu Kandung Masuk Rumah Sakit Jiwa Demi Kuasai Harta Warisan

Diketahui juga Supriyanto Dharmoredjo sempat ditawarkan untuk memegang jabatan direktur RSCM. Maryoto sebagai Bupati Tulungagung mendukung penuh dan mengizinkan dr Supriyanto menjadi Direktur RSCM.

“Suratnya (dari Kemenkes) langsung saya tunjukan, tapi dr Supriyanto menjawab masih pikir-pikir dulu. Saya bilang, jangan pikir-pikir, ini rumah sakit nasional,” kenang Bupati.

Menurut bupati, orang pintar memang dibutuhkan di mana saja. Namun ia menyarankan agar Supriyanto memilih jalan terbaik. “Wong pinter iku penting (orang pintar itu penting), di sini dibutuhkan, di pusat dibutuhkan. Sekali lagi pilihlah jalan terbaik,” pungkas bupati.

Dokter Supriyanto mengaku menanggapi tawaran dari Kemenkes RI secara positif. Dokter lulusan Universitas Brawijaya ini siap ditugaskan negara di mana saja.

Keunggulan RSUD dr Iskak Tulungagung ini terletak pada inovasi manajemen rumah sakit yang menyatukan konsep "The New Concept Hospital Management combined with PSC", yang dirancang oleh Supriyanto Dharmoredjo.

Inovasi ini memastikan semua lapisan masyarakat mendapatkan akses layanan kesehatan berkualitas. RSUD dr Iskak tidak hanya fokus pada aspek layanan kesehatan tetapi juga pada Corporate Social Responsibility, menjadikan mereka pemimpin di kategori tersebut.

Keberhasilan RSUD dr Iskak: Mendobrak Batasan

Dengan kebijakan tanpa diskriminasi, RSUD dr Iskak Tulungagung tahun 2019 meraih Indeks Kepuasan pelanggan yang tinggi dan mencatatkan cost recovery rate sebesar 87%.

Kepuasan ini merupakan buah dari layanan kesehatan yang terjangkau namun berkualitas, visi yang diusung oleh Supriyanto Dharmoredjo dan timnya.

Di bawah kepemimpinannya, 85% pasien RSUD dr Iskak tercover BPJS, dan bahkan mereka yang kurang mampu tanpa kartu sehat tetap mendapatkan layanan kesehatan.

Pendidikan dan Pengabdian: Supriyanto Dharmoredjo

Supriyanto Dharmoredjo, yang merupakan lulusan FK UB Malang dan memiliki sejarah panjang dedikasi di bidang kesehatan.

Pilihan untuk mengabdikan dirinya di Tulungagung, menjadi bukti komitmennya dalam menghadirkan pelayanan kesehatan yang egaliter dan berkualitas.

RSUD dr Iskak Tulungagung kini tidak hanya menjadi rujukan dalam layanan kesehatan tetapi juga sebagai pusat pendidikan bagi tenaga medis yang akan datang.

Baca Juga : Bella Bonita Dilarikan ke Rumah Sakit Setelah Ngunduh Mantu