Respon Kemenag Soal Ceramah Oki Setiana Dewi, Ingin Tonjolkan Keluruhan Istri

Direjn Bimas Kemenag memberi respon soal ceramah Oki Setiana Dewi yang viral karena membahas istri yang menutup aib suami  setelah ditampar di media sosial.

Respon Kemenag Soal Ceramah Oki Setiana Dewi, Ingin Tonjolkan Keluruhan Istri
Oki Setiana Dewi. Gambar: Instagram.com/ @okisetianadewi

BaperaNews - Dirjen Bina Masyarakat Islam dari Kementrian Agama (Kemenag), Kamaruddin Amin merespon ceramah Oki Setiana Dewi yang viral karena membahas istri yang menutup aib suami  setelah ditampar di media sosial.

Kamaruddin direjn Bimas Kemenag menjelaskan bahwa kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) tidak dibenarkan dalam islam dengan alasan apapun, namun ia juga mengungkap Oki Setiana Dewi tidak bermaksud untuk menjustifikasi KDRT dengan cerita yang disampaikannya.

“Oki Setiana Dewi sedang menonjolkan keluhuran budi seorang istri yang sedang menyembunyikan aib suaminya” ujar Kamaruddin Kamis, 3 Februari 2022. Ia setuju bahwa sepasang suami istri harus bisa menutup aib pasangannya masing-masing, tidak hanya untuk pasangannya, juga seharusnya kepada semua orang, tidak boleh membuka aib seseorang siapapun itu.

“Mungkin saja disitu kisahnya sang istri melihat moment nya tidak tepat untuk bercerita apa adanya, dan ternyata dari cerita tersebut, suaminya jadi luluh dengan sikap istrinya, apa yang terjadi setelahnya kita kan tidak tahu” lanjutnya.

Hal senada disampaikan Sesdirjen Bimas Kemenag, Fuad Nasar, menegaskan bahwa dalam islam suami wajib memperlakukan istrinya dengan baik dan tidak boleh menyakiti, “Jika ajaran dan nilai agama dijadikan pedoman dalam keluarga dan rumah tangga Insya Allah tidak akan muncul KDRT dan akan ada banyak rumah tangga teladan di bangsa kita” ucapnya.

Baca Juga: Adiba Khanza Dilamar Egy Maulana Vikri, Umi Pipik Berikan Jawaban Tegas

Sebelumnya ceramah Oki Setiana Dewi  viral di media sosial dan banyak memicu perdebatan netizen hingga kontroversi, tidak hanya masyarakat umum, para tokoh juga banyak yang memberi komentar. Ceramah tersebut bercerita tentang kisah seorang istri di Arab Saudi yang ditampar oleh suaminya.

Setelah ditampar, bel rumahnya berbunyi yang ternyata ada orang tua kandung sang istri datang, mereka kaget saat tahu putrinya memar di wajah dan matanya sembab. Namun istri tersebut tidak menceritakan perbuatan suaminya, ia justru menyebut itu karena ia sedang rindu pada kedua orang tuanya.

Sang istri menutup aib suaminya di depan orang tua kandungnya, Oki Setiana Dewi selanjutnya menyinggung tentang istri jaman sekarang yang seringkali berlebihan saat bicara tentang KDRT dalam kehidupan rumah tangganya.

Diceritakan juga dalam ceramah tersebut, setelah kejadian, sang suami jadi terenyuh dan semakin mencintai istrinya. “Dan kalau wanita itu suka lebay, suka tidak seperti kenyataan, suka dilebih-lebihkan begitu, kalau lagi marah, lagi sakit hati, langsung ceritanya itu dilebih-lebihkan dari biasanya” ucapnya dalam ceramah tersebut.

Baca Juga: Kontroversi Terkait Peresmian Museum Holocaust di Minahasa