Viral! Truk Angkut Anjing, Diduga Mau Dibawa ke Rumah Jagal

Viral video di media sosial yang memperlihatkan truk mengangkut anjing-anjing, diduga akan dibawa ke rumah jagal di Jawa Tengah.

Viral! Truk Angkut Anjing, Diduga Mau Dibawa ke Rumah Jagal
Viral! Truk Angkut Anjing, Diduga Mau Dibawa ke Rumah Jagal. Gambar : Kolase Tangkapan Layar Tiktok/@ahs_4_indonesia

BaperaNews - Sebuah video yang memperlihatkan truk mengangkut anjing-anjing, diduga akan dibawa ke rumah jagal, mendapatkan perhatian di media sosial.

Komunitas pecinta hewan, Dog Meat Free Indonesia (DMFI), turut mengutuk kejadian truk angkut anjing tersebut dan mengecam praktik pengangkutan hewan untuk tujuan konsumsi daging anjing.

Video truk angkut anjing tersebut diunggah pertama kali oleh akun Instagram @animal_hopeshelterindonesia pada Minggu (24/12). Dalam rekaman tersebut, terlihat sebuah truk bak terbuka dengan sejumlah anjing berada di dalamnya.

Unggahan tersebut dilengkapi dengan keterangan bahwa truk tersebut diduga sudah berada di Solo dan kemungkinan besar menuju rumah jagal.

"Kami sudah di Sragen dan kehilangan jejak truk biadab pengangkut anjing yang akan dijagal di Jawa Tengah," demikian bunyi keterangan pada akun tersebut.

Adrian Hane, seorang aktivis DMFI, menyatakan kekecewaannya terhadap fakta bahwa truk pengangkut anjing dapat meloloskan diri masuk melalui jalur tol. Adrian Hane berharap pemerintah dan penegak hukum turut memperhatikan serius isu ini.

Baca Juga : Puluhan Warga di NTT Tewas Terkena Gigitan Anjing Rabies

"DMFI sangat menyayangkan bahwa kendaraan ini bisa lolos melalui jalur tol. Dari penelusuran DMFI dipastikan pelat yang digunakan palsu. Modus yang digunakan sindikat ini semakin menjadi, DMFI berharap kepada pemerintah dan penegak hukum agar memperhatikan isu ini juga," ungkap Adrian melalui pesan singkat kepada detikJateng, Senin (25/12/2023).

Adrian juga menjelaskan bahwa truk tersebut dapat dipastikan sudah memasuki wilayah Solo Raya. Menurutnya, ini hanya satu dari sekian banyak aktivitas pengangkutan anjing untuk kepentingan konsumsi daging. 

"Truk bernomor polisi AD ini dipastikan menuju wilayah Solo Raya dan dicurigai milik salah satu supplier utama di area tersebut. Fakta investigasi Dog Meat Free Indonesia ini hanya salah satu diantara sekian truk yang beraktivitas untuk mengangkut anjing tersebut. Hal inilah mengapa estimasi sebanyak 13.700 ekor anjing yang dijagal dalam satu bulannya. DMFI mengutuk keras kejadian ini," tegasnya.

Baca Juga : Istri Dikejar Anjing, Bule Rusia Hajar Warga Bali