Viral! Ada Tulisan Depok di Gua Hira Arab Saudi

Viral video menunjukkan bebatuan di Gua Hira, Arab Saudi, bertuliskan "Depok" dan nama-nama Indonesia lainnya

Viral! Ada Tulisan Depok di Gua Hira Arab Saudi
Viral! Ada Tulisan Depok di Gua Hira Arab Saudi. Gambar : Tangkapan Layar YouTube Jeda Nulis

BaperaNewsHeboh potongan video tulisan Depok di Gua Hira yang berisi perjalanan ke puncak Gua Hira, Arab Saudi lantaran ada bebatuan bertuliskan “Depok” dan sejumlah nama lain yang umum dipakai di indonesia.

Rekaman diunggah oleh Habib Ja’far Al haidar atau biasa dipanggil Habib Ja’far yang ia unggah di kanal YouTube Jeda Nulis berjudul “Why Depok di Gua Hira” hari Jumat (21/7).

Pada video tersebut, Habib Ja’far menceritakan tentang Gua Hira yang menjadi tempat pertama Nabi Muhammad SAW mendapat wahyu dari Allah SWT melalui malaikat Jibril.

Ia menceritakan betapa sulitnya mendaki gua tersebut karena kondisi yang terjal. Proses perjalanan yang seharusnya menjadi nilai spiritual menurutnya terganggu karena adanya sampah yang berserakan dan vandalism tulisan Depok.

“Yang saya sayangkan diantaranya ada bebatuan di jalur pendakian Gua Hira dicorat-coret tidak jelas. Beberapa pelaku vandalisme tulisan Depok ini justru orang Indonesia karena lihat saja itu ada tulisan nama Miftah, Rojali, Andriyani, sampai Depok dong” kata Habib Ja’far di video sambil memperlihatkan tulisan di bebatuan tersebut yang diduga ditulis oleh wisatawan asal Indonesia. 

Baca Juga : 2 Jemaah Haji Asal Makassar Borong Emas Ratusan Gram

Habib Ja’far juga menunjukkan banyaknya sampah berserakan seperti botol bekas air mineral hingga botol bekas minuman kaleng. Ia menyayangkan adanya wisatawan yang membuang sampah sembarangan dan lakukan praktik vandalisme tulisan Depok atau mencorat-coret tanpa aturan yang menyebabkan perjalanan di trek Gua Hira berkurang keindahannya.

“Kita tidak mengindahkan hal sederhana dari nilai agama islam. Apalagi ini kan ada nilai spiritual, menjaga kebersihan, ini penuh anomaly, paradoks” pungkas Habib Ja’far.

Video viral tulisan Depok di Gua Hira tersebut mendapat perhatian dari warganet Indonesia termasuk dari Walikota Depok M Idris. Menurut Idris, tidak layak warga Indonesia berbuat hal demikian terlebih menulis mengatasnamakan suatu kota.

“Saya belum tahu, tapi seharusnya gak layak lah ya membuat hal seperti itu, ada tulisan Depok di Gua Hira. Apalagi mengatasnamakan satu kota” kata Idris.

KJRI di Jeddah, Arab Saudi Eko Hartono juga menyayangkan ada wisatawan Indonesia yang berbuat demikian di tempat yang sakral.

“Sangat disayangkan ya di tempat yang seharusnya kita jaga kebersihan dan kerapiannya seperti di Gua Hira ini justru tidak dijaga termasuk oleh orang dari Indonesia. Orang Indonesia harus bisa menjaga tangannya” pungkas Eko.

Gua Hira sendiri berada di Arab Saudi, 4 km dari Masjidil Haram dan sering didatangi wisatawan dalam rangka wisata spiritual Di Gua tersebut, Nabi Muhammad SAW mendapat wahyu pertama. Gua Hira juga menjadi tempat Nabi Muhammad menyendiri sebelum beliau diangkat menjadi rasul.

Baca Juga : Arab Saudi Hapus Mata Pelajaran Anti Israel