Resmi Diluncurkan! Pengguna WhatsApp Tak Bisa Screenshot Foto Profil

WhatsApp memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk melindungi foto profil mereka dari pengambilan screenshot. Baca selengkapnya di sini!

Resmi Diluncurkan! Pengguna WhatsApp Tak Bisa Screenshot Foto Profil
Resmi Diluncurkan! Pengguna WhatsApp Tak Bisa Screenshot Foto Profil. Gambar : Unsplash/aarngiri

BaperaNews - Pada Februari 2024 lalu, WhatsApp telah melakukan uji coba fitur privasi baru pada versi beta dengan tujuan melindungi foto profil pengguna dari potensi tindak kriminal. Kini, fitur tersebut telah resmi diluncurkan ke WhatsApp versi reguler. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencegah orang lain mengambil tangkapan layar atau screenshot foto profil mereka.

Diluncurkannya fitur ini diharapkan memberikan tingkat keamanan yang lebih baik bagi pengguna WhatsApp. Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat memiliki kendali yang lebih besar terhadap siapa saja yang dapat mengakses konten mereka.

Dalam pengujian versi beta, upaya untuk mengambil tangkapan layar akan menghasilkan layar hitam yang disertai dengan tulisan 'tidak dapat mengambil tangkapan layar karena pembatasan aplikasi'. Kini, pada WhatsApp versi stabil, pengguna yang mencoba untuk mengambil tangkapan layar akan menerima pesan yang sama.

Baca Juga: Hati-hati! Kenali Modus Penipuan WhatsApp Terbaru 2024

Dalam pengujian tersebut juga dicatat bahwa meskipun tidak dapat mengambil tangkapan layar gambar profil individu, WhatsApp masih mengizinkan pengguna untuk mengambil tangkapan layar foto profil dalam obrolan grup. Namun, untuk mengambil foto profil dari masing-masing anggota grup, WhatsApp tidak memberikan izin.

Meskipun fitur ini telah diluncurkan, belum ada informasi lebih detail apakah fitur ini opsional atau tidak. Sehingga, belum ada cara untuk menonaktifkannya jika memang ada pengguna yang tetap mengizinkan orang lain mengambil screenshot foto profil mereka.

Fitur ini merupakan langkah maju dalam melindungi privasi pengguna di WhatsApp. Sebelumnya, terdapat opsi privasi lain seperti mengubah pengaturan privasi foto profil, media sekali lihat, dan pengaturan privasi status.

Baca Juga: WhatsApp Rilis Fitur Baru di iPhone, Bisa Bikin Sticker WA Tanpa Tinggalkan App