Presiden Jokowi Resmikan Papua Street Carnival, Fahd A Rafiq: Langkah Industri Kreatif Papua Dapat Dilihat

Presiden Jokowi secara resmi membuka Papua Street Carnival pada Jumat (07/07/2023) di Area Kantor Gubernur Papua, Kota Jayapura, Papua.

Presiden Jokowi Resmikan Papua Street Carnival, Fahd A Rafiq: Langkah Industri Kreatif Papua Dapat Dilihat
Presiden Jokowi Resmikan Papua Street Carnival, Fahd A Rafiq: Langkah Industri Kreatif Papua Dapat Dilihat. Gambar : Dok. Istimewa

Bapera News - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Papua Street Carnival yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), berkolaborasi dengan Papua Youth Creative Hub (PYCH)., pada Jumat (07/07/2023) di Area Kantor Gubernur Papua, Kota Jayapura, Papua.

Tema yang diambil Papua Street Carnival yaitu “The East Great Spirit”, ditandai secara simbolis oleh Presiden Jokowi dengan menekan tombol bersama-bersama dengan Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno, Kepala BIN Budi Gunawan, serta Plh. Gubernur Papua, M. Ridwan Rumasukun.

Setelah melakukan peresmian, Presiden Jokowi menyoroti kemajuan PYCH dalam bidang fashion design, dengan desain-desain yang sangat baik dan dikemas dengan brand yang menarik.

Presiden Jokowi juga menyebutkan tentang produksi handphone dan laptop yang dilakukan oleh anak muda Papua, sebuah terobosan yang luar biasa dalam industri kreatif di wilayah Indonesia bagian Timur.

Ketua Umum DPP Bapera juga menyampaikan, dengan diresmikannya Papua Street Carnival oleh Presiden Joko Widodo pada jumat kemarin, ini merupakan tahun pertama diresmikannya Papua Street Carnival, diketahui Presiden Joko Widodo mengukapkan bahwa industri kreatif Papua melakukan lompatan besar.

“Setelah resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada jumat kemarin, acara Papua Street Carnival adalah tahun pertama digelar dan langsung diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, ini adalah langkah indutri kreatif yang ada di Papua akan dilihat baik Nasional dan Internasional, dari hal ini semoga ekonomi Papua akan semakin maju dan berkembang,” ujar Fahd A Rafiq Senin (10/7/2023).

Fahd A Rafiq juga menyampaikan, dari diresmikan acara tersebut, Papua akan segera memiliki potensial positif bagi pembangunan pariwisata dan ekonomi kreatif Papua. Kita ketahui banyak brand-brand menarik dari putra dan putri daerah Papua yang dipamerkan diacara tersebut.

“Dalam acara tersebut kita ketahui, berbagai macam brand-brand menarik karya putra dan putri daerah Papua yang dipamerkan, ini sangat memiliki potensial positif bagi pembangunan pariwisata dan ekonomi kreatif Papua, semoga industri kreatif Papua semakin berkembang dan maju baik Nasional maupun hingga Internasional,” Tutup Fahd A Rafiq.

Acara tersebut juga menampilkan mulai dari parade Tarian Fuu dengan alat musik Tifa. Kemudian parade 7 wilayah adat Papua diawali dengan replika Tifa raksaksa, terdiri dari wilayah adat Mamta/Tambi, Saereri, Doberai, Bomberai, Anim Ha, La pago, dan Me-pago, hingga parade busana karnaval yang terinspirasi dari flora, fauna, dan kekayaan budaya yang ada di Tanah Papua. Ada pula Pawai Papua Street Carnival dengan 20 kendaraan pick up hias yang membawa sekitar 50 parade kostum.

Penulis : FNID