Presiden Jokowi Peringati Hari Pancasila Di Ende NTT Hingga Nonton Konser Band Slank

Presiden Jokowi nonton konser grup band Slank di sela jadwal kegiatannya memperingati hari Pancasila di Ende, Nusa Tenggara Timur.

Presiden Jokowi Peringati Hari Pancasila Di Ende NTT Hingga Nonton Konser Band Slank
Presiden Jokowi Peringati Hari Pancasila Di Ende NTT Hingga Nonton Konser Band Slank. Gambar : Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

BaperaNews - Presiden Jokowi nonton konser grup band Slank di sela jadwal kegiatannya memperingati hari Pancasila di Ende, Nusa Tenggara Timur pada Rabu malam 1 Juni 2022. Ia menonton bersama Gubernur NTT, Viktor Bungtilu dan Bupati Ende Djafar Achmad. Adapun konser tersebut ialah bertajuk “Konser Kebangsaan Membumikan Pancasila dari NTT untuk Nusantara”.

Vokalis Slank, Kaka turut menyapa orang nomor satu di Indonesia tersebut dari atas panggung dan memberikan hormatnya kepada Jokowi. “Buat bapak presidenku Bapak Jokowi, hormat” ujarnya.

Dalam konser yang juga disiarkan langsung di akun Bank NTT Official, Jokowi Nampak memakai jaket merah dengan tulisan G20 dan memakai masker, setelah disapa Kaka, Jokowi kemudian membalas salam dengan berdiri di atas kursi penonton, bupati juga ikut memberi salam hormat.

Kaka lanjut menyanyikan lagu Garuda Pancasila setelah memberi salam dan meminta para penonton untuk ikut bernyanyi bersama-sama, Kaka Slank menyebut Jokowi ikut bernyanyi sehingga ia meminta agar penonton tidak kalah semangat dengan presiden Indonesia tersebut.

“Saya dengar pak presiden juga ikut bernyanyi, jadi kalau kalian kalah keras sama bapak presiden, kalian malu” ujarnya sambil melanjutkan nyanyiannya.

Sebagai informasi, Jokowi memperingati hari Pancasila di Ende NTT lantaran daerah tersebut dinilai punya nilai rekam sejarah yang berhubungan dengan Pancasila, yakni menjadi tempat pengasingan Soekarno pada 14 Januari 1934 silam, ia diasingkan di tempat tersebut sebelum dipindah ke Bengkulu.

Baca Juga : Ketua Komisi DPR: RUU Sisidiknas Kemendikbud Harusnya Sudah Lapor Presiden

Tak hanya menonton konser slank, Jokowi juga melakukan banyak kegiatan di Ende NTT, mulai dari mengunjungi Pasar Mbongawani Ende, meninjau Kampus Bambu Turetogo, membeli cabai di pasar Ende, dan mengunjungi pedagang kecil, hingga berpidato.

Ketika membeli cabai, Jokowi membeli lima gelas cabai kecil. “Beliau Tanya, berapa harga cabai satu kilo, saya menjawab, kami tak jual kiloan, tapi per gelas lima ribu rupiah” ujar penjual yang didatangi Jokowi bernama Sofia. Ia tak menyangka akan didatangi oleh Jokowi, ia pun mendoakan agar Jokowi selalu sehat, “Semoga bapak sehat selalu” imbuhnya.

Sedangkan dalam pidatonya, Jokowi meminta semua pemangku kepentingan masyarakat hingga anak muda agar membumikan pancasila dan menerapkan nilai luhur pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara, dan berbangsa.

“Saya selalu mengingatkan kita harus benar-benar mengamalkan Pancasila dan memperjuangkannya, kita wujudkan dalam bentuk sistem kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan” ujarnya.