Prediksi Susunan Pemain Indonesia vs Thailand di Final Piala AFF 2020. Siapa Paling Kuat?

Menjelang Final Piala AFF 2020 Timnas Indonesia akan segera menghadapi Thailand pada leg pertama final Piala AFF 2020 . Berikut prediksi susunan pemain Indonesia Vs Thailand!

Prediksi Susunan Pemain Indonesia vs Thailand di Final Piala AFF 2020. Siapa Paling Kuat?
Timnas Indonesia akan melawan Thailand di Final Piala AFF 2020. Gambar: Dok PSSI

BaperaNews - Menjelang Final Piala AFF 2020, Timnas Indonesia akan segera menghadapi Thailand pada leg pertama final Piala AFF 2020  yang akan berlangsung di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021) pukul 19.30 WIB. Pertandingan Indonesia Vs Thailand ini sangat penting bagi tim Garuda mengingat kemenangan akan membangun kepercayaan diri Timnas untuk memainkan Putaran 2 pada 1 Januari 2022. Namun jika mengingat lawan yang akan dihadapi oleh Timnas adalah Thailand, jelas kemenangan bukanlah hal yang mudah untuk didapatkan.

Jika kita mau menengok kembali, rekor pertandingan Timnas Indonesia dan Thailand, kemenangan tak berpihak sekalipun pada tim Garuda. Dari tiga  final Piala AFF, Timnas Indonesia selalu mengalami kekalahan. Kekalahan yang menimpa Timnas Indonesia Itu terjadi di Piala AFF 2000, Piala AFF 2002 dan Piala AFF 2016.  Pada Saat itu Indonesia sebenarnya mampu menjuarai putaran pertama pada tahun 2016, namun sayang tidak menang pada akhirnya karena harus kalah di leg kedua. Akankah kali ini Indonesia akan memenangkan pertandingan Indonesia Vs Thailand Final Piala AFF 2020 kali ini?

Disisi lain Thailand juga punya sejarah yang cukup bagus dengan Piala AFF yang membuatnya percaya diri di Final Piala AFF 2020.  Tim yang dikenal dengan julukan War Elephant ini telah berhasil memenangkan lima turnamen paling bergengsi di Asia Tenggara. Sementara itu, Indonesia selalu mengalami kegagalan. Padahal, Timnas Indonesia sudah lima kali mengikuti top games. Meski demikian, Timnas Indonesia yang didominasi oleh para pemain muda memiliki tingkat kepercayaan diri yang cukup tinggi sejak hasil tak terkalahkan telah diraih sejak babak kualifikasi Grup B.

Menjelang penampilan Indonesia Vs Thailand di partai puncak kejuaraan Piala AFF 2020 yang merupakan kejuaraan sepak bola dua tahunan antarnegara Asia Tenggara, Indonesia dan Thailand rupanya sama-sama tidak dapat menampilkan skuad terbaik mereka. Pasalnya, Indonesia kehilangan Pratama Arhan akibat terjadinya akumulasi kartu. Hal yang sama juga berlaku untuk Thailand dimana Theerathon Bunmathan dipastikan tidak tampil pada leg pertama hingga akhir dengan alasan yang sama dengan Arhan. Selain itu Kiper Thailand Chatchai Budprom juga dipastikan tidak akan tampil karena cedera ligamen anterior yang dialaminya. 

Meskipun tanpa Pratama Arhan di Final Piala AFF 2020 nanti, memungkinkan Shin Tae Yong untuk mengerahkan Edo Febriansah. atau  memindahkan pemain lain seperti Rizky Ridho ke kiri dan Elkan Baggot mengisi posisi tengah. Sementara itu, Asnawi Mangkualam, Alfeandra Dewangga, dan Fachruddin Aryanto akan tetap menjadi pengisi starter formasi dimana akan ada lima pemain untuk melindungi gawang mungkin akan dijaga oleh Nadeo Argawinata.

Sedangkan solusi  yang mungkin akan Thailand terapkan setelah kehilangan Budprom dan Bunmathan adalah dengan mengerahkan Sirawak Tedsungnoen yang akan menempati posisi kiper dan Tristan Do di posisi menempati bek kiri. Duet di jantung pertahanan Thailand juga terpaksa  akan mengalami perubahan jika benar Manuel Bihr harus istirahat. Meskipun nantinya harus tampil tanpa Bihr, tim Gajah Perang masih memiliki Kritsada Kaman dan Elias Dolah. Narubadin Weerawatnodom bakal mengawal sisi kanan Thailand.

Untuk posisi tengah Sarach Yooyen masih tetap akan  menjadi pilihan utama Thailand. Tapi, jika ia mengalami cedera, posisi Yooyen akan digantikan oleh Weerathep Pomphan yang akan berkolaborasi dengan Phithiwatt Sukshitthamkun.

Selanjutnya, Chanathip Songkrasin yang merupakan kapten akan berada di posisi penyokong serangan yang akan mendapatkan bantuan dari Supachok Sarachat. Selain itu, Teerasil Dangda tetap menjadi opsi pertama Alexandre Polking dan akan didampingi oleh Bodin Phala.

Prediksi Susunan Pemain Indonesia vs Thailand di Final Piala AFF 2020:

Berikut Prediksi Susunan Pemain Indonesia vs Thailand di Final Piala AFF 2020 nanti

Indonesia (5-4-1):

Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho, Edo Febriansyah; Witan Sulaeman, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Irfan Jaya; Ezra Walian.

Thailand (4-4-2)

Sirawak Tedsungnoen; Narubadin Weerawatnodom, Manuel Bihr, Kritsada Kaman, Tristan Do; Sarach Yooyen, Phithiwatt Sukshitthamkun, Chanathip Songkrasin, Supachok Sarachat; Teerasil Dangda, Bodin Phala.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Izinkan Kafe Gelar Nobar Final Piala AFF 2020, Simak Syaratnya!