Polda Metro Jaya Persilakan Warga Mudik Buat Titip Kendaraan Di Polsek

Untuk menghindari kendaraan warga dari resiko pencurian, Polda Metro Jaya mempersilahkan warga yang mudik untuk titip kendaraan di Polsek.

Polda Metro Jaya Persilakan Warga Mudik Buat Titip Kendaraan Di Polsek
Polda Metro Jaya Persilakan Warga Mudik Buat Titip Kendaraan Di Polsek. Gambar : Dok. Polres Karawang

BaperaNews - Polda Metro Jaya mempersilahkan warga yang mudik untuk titip kendaraan di Polsek. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan kendaraan warga dari resiko pencurian dan tindakan kejahatan sejenisnya.

“Kapolda Metro Jaya punya program titip kendaraan di Polsek setempat sesuai dengan kapasitasnya dan kemudian akan dilakukan pengamanan gratis” tutur Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu pada Kamis (13/4).

Selain titip kendaraan di Polsek gratis, pihaknya juga membuat program Polisi RW yang bertugas untuk patroli memastikan keamanan rumah-rumah warga yang sedang kosong ketika ditinggal pemiliknya mudik di kampung halaman.

“Ini akan jadi kolaboratif dengan masyarakat setempat, untuk mengalokasikan tempat lain seperti lingkungan yang lebih aman dan memaksimalkan polisi RW tadi” imbuhnya.

Polisi RW ialah program untuk mengawasi tiap RW di desa, polisi akan jadi pengawas di tiap RW yang berada di wilayah kerja Polda Metro Jaya. 

Diketahui di masa mudik, tidak mungkin membawa semua barang berharga turut serta, di rumah tetap ada barang berharga misalnya motor, televisi, dan lainnya yang perlu dipastikan keamanannya agar tidak dicuri.

Baca Juga : Kapolri Ajak Masyarakat Untuk Rutin Lihat Informasi Mudik Lebaran 2023

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto sebelumnya juga menghimbau agar masyarakat pergi ke penitipan kendaraan saat mudik atau barang berharganya yang lain ke Polda Metro Jaya ketika berangkat mudik, dengan demikian bisa tercegah dari aksi kejahatan yang kadang direncanakan oknum tidak bertanggung jawab yang menyasar rumah kosong.

“Cari tempat penitipan kendaran yang murah bayarnya, misalnya ada dari PT A, punya space, bisa dititipkan barang masyarakat disana, tapi kalo ada kantor polisi yang luas halamannya juga bisa, silahkan, ini lebih aman” ucap Karyoto Kamis (6/4).

Karyoto menjamin, selama masa mudik, polisi tidak hanya lakukan pengamanan di rumah-rumah penduduk dan di jalan saja namun juga di tempat umum seperti terminal, bandara, dan stasiun yang juga sering jadi lokasi incaran pada penjahat untuk mencopet atau mencuri.

Pihak Polda Metro Jaya juga memperkirakan sesuai kondisi apa ada ancaman lain yang perlu diwaspadai dan diambil tindakan segera di masa mudik ini.

“Kalau di terminal, stasiun, kereta api pasti ini sudah ada peningkatan jumlah pemudik ya, tentu kita antisipasi adanya coper dan lainnya. Di terminal bus dan bandara juga sama, kita lihat eskalasi jumlah pemudik yang pakai moda itu” pungkas Karyoto. 

Baca Juga : Catat Nih! Titik Lokasi Kamera Tilang ETLE di Jalur Mudik