Pemerintah Janjikan Insentif dan Kemudahan Naik Pangkat Untuk ASN Di Luar Jawa

Pemerintah Indonesia janjikan insentif dan kemudahan untuk naik pangkat ASN di luar Jawa. Simak selengkapnya!

Pemerintah Janjikan Insentif dan Kemudahan Naik Pangkat Untuk ASN Di Luar Jawa
Pemerintah Janjikan Insentif dan Kemudahan Naik Pangkat Untuk ASN Di Luar Jawa. Gambar : Detik.com/Fima Purwanti

BaperaNews - Jumlah formasi Aparatur Negara di luar jawa dan perbatasan banyak yang lowong, penyebabnya adalah minimnya peminat sehingga ASN harus pindah ke tempat lain.

MenpanRB Abdullah Azwar Anas sedang merencanakan sejumlah insentif untuk ASN yang mengisi formasi di luar pulau jawa, contohnya yaitu insentif pangkat yang mudah.

“Di daerah luar bukan kurang SDM, tetapi soal redistribusi, banyak di Papua, Maluku, dan beberapa daerah lainnya yang mengisi formasinya setiap tahun, tetapi setelah terisi formasi tersebut kosong karena banyak yang pindah ke Kota/Jawa,”ujar Azwar Anas.

Menurut Azwar, akan sangat percuma jika Presiden Jokowi telah menyediakan formasi tetapi tidak pernah terisi pernah terisi karena ada yang pindah setelah satu tahun bertugas.

Baca Juga : UM Surabaya Buka Beasiswa Kuliah Gratis Untuk Difabel, Cek Syaratnya!

Banyak ASN Dari Luar Jawa Pindah Kembali Ke Pulau Jawa

Selanjutnya ada beberapa alasan yang diajukan para ASN untuk pindah ke Kota/Jawa, misalnya karena keluarga sakit, musibah, istri atau suami yang membutuhkan perawatan khusus.

“Jika seperti ini terus tidak ada lagi guru dan dokter di daerah perbatasan, sesuai arah dari Presiden Jokowi, kami sedang mengambil sebuah skema dengan Kemenkes dan Kemendikbud untuk menyediakan insentif ASN,” kata Azwar Anas.

Insentif Yang Diberikan Tak Hanya Berupa Uang, Namun Kemudahan Naik Pangkat

Azwar menyebut bahwa insentif ASN luar Jawa yang diberikan di daerah perbatasan tersebut tidak hanya berbentuk uang, melainkan insentif berupa pangkat yang lebih mudah, tanpa harus menunggu puluhan tahun.

“Kalau hal ini berhasil, pemerataan kesehatan dan pendidikan bisa berjalan dengan baik, kemudian para teman-teman di daerah perbatasan bisa ikut merasakan kualitas kesehatan dan pendidikan yang sangat memadai,” ujar Azwar.

Insentif pangkat ini diharapkan dapat meningkatkan ketertarikan para ASN untuk bertugas di berbagai daerah tertentu, seperti daerah perbatasan, kepulauan, atau daerah lainya yang ada di Indonesia.

Jumlah ASN di Pulau Jawa

Menurut Badan Kepegawaian Negara, mencatat bahwa terdapat 4.168.118 Pegawai Negeri Sipil yang berstatus aktif, dari jumlah tersebut 27.550 pegawai bekerja di instansi pusat dan sebanyak 119.974 (81%) pegawai bekerja di Instansi daerah.

Menurut lokasi penyebarannya, sekitar 33 persen atau sekitar 1,4 Juta  ASN berdinas di pulau jawa, untuk secara jumlah provinsi-provinsi di wilayah tersebut memang mendominasi dan termasuk urutan lima besar dibanding dengan daerah lain.

Baca Juga : Cek Daftar Profesi yang Bisa Jadi PNS Part Time