Pelatih Irak Janji Bantu Kalahkan Vietnam dan Yakin Indonesia Tim Selanjutnya yang Lolos

Irak berharap dapat membantu Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Saat ini, Irak telah mengoleksi 15 poin dan dipastikan lolos ke putaran ketiga. Simak Selengkapnya!

Pelatih Irak Janji Bantu Kalahkan Vietnam dan Yakin Indonesia Tim Selanjutnya yang Lolos
Pelatih Irak Janji Bantu Kalahkan Vietnam dan Yakin Indonesia Tim Selanjutnya yang Lolos. Gambar: NGUYỄN KHÁNH

BaperaNews – Jesus Casas, pelatih Irak, terkesima dengan perkembangan Timnas Indonesia dalam tiga pertemuan terakhir mereka. Dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F yang digelar Kamis (6/6/2024), Irak berhasil mengalahkan Indonesia dengan skor 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Timnas Irak mencatat peningkatan signifikan dalam performa Timnas Indonesia setelah melakukan upgrade pemain. Dalam tiga pertemuan terakhir, Indonesia menunjukkan perkembangan yang positif meski hasil akhir belum memihak kepada mereka.

"Saya pikir Indonesia akan jadi tim selanjutnya yang lolos," ujar Jesus Casas, mantan asisten pelatih timnas Spanyol, Luis Enrique.

Pertemuan pertama antara kedua tim pada 16 November 2023 di laga pembuka Kualifikasi Piala Dunia 2026 berakhir dengan kemenangan telak bagi Irak dengan skor 5-1. Pertandingan yang dihelat di Basra International Stadium ini menunjukkan dominasi Irak, di mana Jordi Amat dan rekan-rekannya tidak mampu memberikan perlawanan berarti.

Pada pertemuan kedua di Piala Asia 2023, Indonesia tampil lebih baik meski tetap kalah dengan skor 3-1. Marselino Ferdinan berhasil mencetak gol pada babak pertama, menunjukkan adanya perbaikan dalam permainan Timnas Indonesia. Keputusan wasit dan VAR yang kontroversial membantu Irak menambah dua gol melalui Osama Rashid dan Aymen Hussein pada pertandingan yang berlangsung Januari lalu.

Baca Juga: Ernando Ari Buat Blunder, STY: Saya Tidak Akan Bicara Dengannya Beberapa Hari ke Depan

Dalam pertandingan terakhir pada Kualifikasi Piala Dunia 2026, Irak mengalahkan Timnas Indonesia dengan skor 2-0. Gol pertama dicetak oleh Aymen Hussein melalui penalti pada babak kedua, diikuti oleh gol dari Ali Jassim.

Meski hasil ini tidak menguntungkan Indonesia, permainan mereka menunjukkan peningkatan signifikan. "Indonesia terlihat bisa menekan Irak secara konsisten pada babak pertama," ungkap Jesus Casas.

Sayangnya, penurunan level permainan pada babak kedua serta kartu merah yang diterima Jordi Amat membuat Indonesia kehilangan momentum. Jesus Casas memuji penampilan timnas Indonesia yang semakin kompetitif.

"Mereka masih harus melawan Filipina di sini, tetapi dengan starting XI yang mereka miliki sekarang, saya yakin mereka akan menang melawan Filipina," tambah Casas.

Jesus Casas juga menyatakan bahwa Irak akan berusaha memenangkan pertandingan melawan Vietnam pada laga terakhir mereka. "Kami memang ingin memenangkan seluruh pertandingan, termasuk melawan Vietnam," tegasnya. Dengan mengalahkan Vietnam, Irak berharap dapat membantu Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Saat ini, Irak telah mengoleksi 15 poin dan dipastikan lolos ke putaran ketiga.

Indonesia masih memiliki peluang untuk melaju ke putaran ketiga jika berhasil mengalahkan Filipina pada pertandingan mendatang atau jika Vietnam gagal meraih kemenangan melawan Irak.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, akan mempersiapkan timnya dengan baik untuk menghadapi Filipina. Dukungan dan kerja keras dari para pemain diharapkan bisa memberikan hasil positif pada pertandingan penentu tersebut.

Baca Juga: Timnas Indonesia Ditaklukkan Irak dengan Skor 0-2