Pekerja Pariwisata Akan Dapat BLT Rp600 Ribu Mulai Akhir Bulan Ini

Pemerintah umumkan pemberian BLT untuk Pekerja Di sektor Pariwisata sebesar Rp600 Ribu mulai akhir bulan November

Pekerja Pariwisata Akan Dapat BLT Rp600 Ribu Mulai Akhir Bulan Ini
Ilustrasi rupiah. Gambar : Pexels/Ahsanjaya

BaperaNews - Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan mengumumkan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) untuk para pekerja di bidang pariwisata senilai Rp600 ribu dalam 3 kali pembayaran. Diketahui, bantuan tersebut rencananya akan diberikan mulai akhir bulan ini atau awal Desember 2021.

Pada saat konferensi pers virtual usai Sidang Kabinet Paripurna di Kantor Presiden, Rabu (17/11/2021), Sri Mulyani menjelaskan bahwa akan ada anggaran untuk pariwisata, yaitu bantuan tunai langsung kepada para pelaku di bidang pariwisata berupa bantuan produktif atau tunai sebesar Rp600 ribu dalam 3 kali pembayaran.

Sri Mulyani menyampaikan bahwa program bantuan tersebut telah dirumuskan oleh Komite Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di bawah pimpinan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Nantinya, Airlangga akan menyampaikan informasi lebih detail terkait dengan mekanismenya.

Demikian juga informasi terkait siapa saja pekerja pariwisata yang layak mendapatkan bantuan tersebut, Airlangga akan dibantu oleh Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sri Mulyani menyampaikan bahwa informasi mengenai targetnya siapa saja yang akan mendapatkannya, kriterianya, serta lokasi dari penerima akan ditetapkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sri Mulyani berharap dengan adanya bantuan langsung tunai tersebut dapat membantu para pekerja pariwisata di Indonesia, terutama karena sektor ini yang paling tertekan selama adanya pandemi Covid-19.

"Diharapkan akan bantu sektor-sektor yang memang mengalami pukulan sangat dalam akibat covid, yaitu sektor pariwisata," tuturnya.

Walaupun demikian, Sri Mulyani yang merupakan mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu belum mengumumkan terkait besaran anggaran yang ia siapkan dalam program BLT pekerja pariwisata ini.

Begitu juga dengan target pemberian BLT ke berapa banyak pekerja.