Nenek Sakit Perut dalam Jangka Panjang, Ternyata Hasilnya Hamil!

Viral sebuah kejadian mengejutkan terjadi di dalam perut sebuah nenek yang sakit dalam waktu jangka panjang, ternyata ada bayi membatu di dalam perut tersebut.

Nenek Sakit Perut dalam Jangka Panjang, Ternyata Hasilnya Hamil!
Nenek Sakit Perut dalam Jangka Panjang, Ternyata Hasilnya Hamil! Gambar : Ilustrasi Canva By Anna Subbotina

BaperaNews - Sebuah kejadian terjadi ketika seorang nenek mengeluhkan sakit perut luar biasa dalam jangka panjang. Hasil USG dokter kemudian mengungkapkan adanya bayi membatu di dalam perut sang nenek.

Informasi awal menyebutkan bahwa seorang nenek mengalami sakit perut yang sangat hebat dan berlangsung lama, mendorongnya untuk memeriksakan kondisinya ke dokter. 

Namun, keterkejutan terjadi ketika hasil USG mengungkapkan keberadaan bayi membatu di dalam perut sang nenek. Dikutip dari Unilad pada Rabu (10/1).

Dokter yang melakukan scan untuk mendiagnosis masalah tersebut terkejut menemukan 'bayi terbuat dari batu' di saluran tuba. 

Setelah penelitian lebih lanjut, diketahui bahwa sang nenek menderita kondisi langka yang disebut 'litopedion'. Apa sebenarnya litopedion?

Menurut National Library of Medicine, litopedion adalah 'kondisi yang sangat langka dan mengacu pada kehamilan ektopik yang berkembang menjadi kematian janin dan pengapuran'. 

Baca Juga : Ini Kata Dokter Soal Dugaan Mengisap Puting Bikin Susah Hamil

Dokter Karan Raj menjelaskan lebih lanjut di saluran TikTok-nya, menyebutnya sebagai 'kehamilan ektopik perut', di mana sel telur yang telah dibuahi menempel di luar rahim, biasanya di salah satu saluran tuba.

NHS menyatakan bahwa kehamilan ektopik tidak dapat diselamatkan karena risikonya terhadap kesehatan ibu, dan pembedahan menjadi satu-satunya pilihan. 

Kondisi langka ini terjadi ketika janin tumbuh di luar rahim dan selama kehamilan ektopik perut, janin yang meninggal terlalu besar untuk diserap kembali oleh tubuh ibu. Janin kemudian 'diklasifikasi' dan 'dimumikan' di area tubuh ibu tempat ia tumbuh.

Pada kasus nenek sakit perut ini, litopedion yang dikandungnya ternyata berusia 35 tahun. Meskipun terdengar menakutkan, kondisi ini sangat jarang terjadi, hanya mencakup 0,0054 persen dari seluruh kehamilan, menurut National Library of Medicine.

@baperanews.com Sebuah kejadian terjadi ketika seorang nenek mengeluhkan sakit perut luar biasa dalam jangka panjang. Hasil USG dokter kemudian mengungkapkan adanya bayi membatu di dalam perut sang nenek. #nenekhamil #hamilektopik #litopedion ♬ original sound - BAPERA NEWS

Baca Juga : Hamil di Luar Rahim, Ada Bayi di Dekat Usus Wanita Ini