Apakah Virus PMK Dapat Menular ke Manusia? Simak Penjelasan Berikut Ini

Jelang Idul Adha 2022 di buat khawatir oleh adanya virus PMK hewan ternak, berikut penjelasan apakah virus PMK dapat menular ke manusia.

Apakah Virus PMK Dapat Menular ke Manusia? Simak Penjelasan Berikut Ini
Apakah virus PMK dapat menular ke manusia, simak penjelasannya. Gambar : ylki.or.id

BaperaNews - Hari raya Idul Adha 2022 tinggal menghitung hari. Pada hari raya ini biasanya dirayakan dengan umat muslim yang berkorban dengan hewan ternak seperti sapi, kambing, domba, dan lain-lain. Hewan-hewan itu nantinya akan disembelih dan dibagikan kepada masyarakat sekitar.

Namun pada perayaan Idul Adha 2022 kali ini masyarakat dibuat khawatir dengan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang tengah menyerang hewan ternak. Penyakit ini menyebar luas di beberapa daerah yang berada di Jawa Tengah. Lalu apakah virus PMK dapat menular ke manusia?

Dilansir dari situs resmi pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) menjelaskan bahwa PMK tidak dapat menular ke manusia karena tidak masuk dalam penyakit dengan kategori zoonosis. Zoonotik atau Zonosis sendiri ini adalah penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia ataupun sebaliknya.

Kepala DKPPP Temanggung, Joko Budi Nuryanto menyampaikan hal tersebut saat ditemuai usai melakukan rapat koordinasi teknis pencegahan PMK di Daun Mas Resto, pada Kamis (12/5/2022).

“Perlu saya tegaskan kembali bahwasanya virus PMK tidak menular ke manusia atau bukan termasuk zoonosis. Jadi warga tidak perlu takut atau khawatir, hanya bagi peternak yang perlu meningkatkan kewasapadaan dalam pemeliharaan hewan ternaknya,” imbuh Joko Budi.

Baca Juga : Menjelang Idul Adha, Berikut 7 Tips Merebus Daging Agar Cepat Empuk

Joko mengungkapkan bahwa pihaknya akan membentuk satgas pencegahan PMK yang akan diisi oleh petugas lintas sektoral seperti dari DKPPP, Dinas Kesehatan, bahkan juga dari kepolisian. Hal ini dilakukan agar dapat meningkatkan pengawasan lalu lintas hewan ternak.

Sejalan dengan itu, Dokter hewan sekaligus dosen Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) Institut Pertanian Bogor (IPB), Denny Widaya Lukman menegaskan bahwa virus PMK memang tidak dapat menular ke manusia. Meskipun, orang tersebut bertugas menyembelih hewan.

"Penyakit ini tidak menular ke orang. Sekali lagi, penyakit ini tidak menular ke orang. Pertanyaannya, "Pak kalau saya menyembelih kebetulan hewannya sakit apakah saya juga akan tertular?' Tidak. Sekali lagi, tidak menular ke orang," ujar Dokter Denny.

Denny menyebutkan bahwa manusia hanya dapat membawa virus PMK dari hewan yang sakit ke hewan yang sehat.

"Jadi peran manusia atau perilaku manusia ini sangat penting. Oleh sebab itu kenapa pemerintah mengimbau ataupun melarang lalu lintas hewan dari daerah yang tertular ke daerah yang bebas, karena ini akan membawa virus ke daerah yang bebas," imbuh Denny.

Jadi teman-teman tidak usah khawatir ya dengan daging kurban dan proses penyembelihan di hari raya Idul Adha 2022.

Baca Juga : Berikut 6 Langkah Pemerintah Usai Tetapkan Status Darurat PMK

Baca Juga : Jelang Idul Adha, Pakar IPB Berikan Tips Sembelih Hewan Kurban Saat Wabah PMK

Baca Juga : Menag : Beri Panduan Kurban Di Tengah Wabah PMK, Ini Isinya