Menjelang Idul Adha, Berikut 7 Tips Merebus Daging Agar Cepat Empuk

Hari raya Idul Adha sebentar lagi loh! yuk simak 7 tips merebus daging sapi ataupun kambing agar cepat empuk dalam waktu yang singkat.

Menjelang Idul Adha, Berikut 7 Tips Merebus Daging Agar Cepat Empuk
Hari raya Idul Adha sebentar lagi loh! yuk simak 7 tips merebus daging sapi ataupun kambing agar cepat empuk dalam waktu yang singkat. Gambar : Unsplash.com/Dok. Usman Yousaf

BaperaNews - Menjelang hari raya Idul Adha, di antara kalian pasti akan mendapatkan daging sapi maupun kambing secara gratis. Nah sebelum daging tersebut diolah lebih lanjut, biasanya daging harus direbus terlebih dahulu sampai matang dan empuk.

Tetapi, kebanyakan orang masih ada yang tidak tahu caranya merebus daging agar cepat empuk. Kalau ditelusuri lebih dalam, sebenernya ada banyak cara merebus daging agar cepat empuk. 

Kalau Anda sudah mendapatkan daging sapi maupun kambing yang terbaik, cara mengolah kedua daging tersebut tidak boleh secara asal-asalan loh. Jika dimasak sembarangan, siap-siap saja daging tersebut pasti akan keras dan alot. 

Anda tidak mau kan kalau hal itu sampai terjadi? Nah, agar daging yang Anda masak bisa empuk dalam waktu yang tidak lama, Anda harus mengetahui tips yang bermutu untuk merebus daging agar cepat empuk dalam waktu yang singkat.

Berikut 7 tips merebus daging sapi maupun kambing agar cepat empuk dalam waktu yang singkat :

  1. Daging dibungkus dengan daun pepaya

Daging dibungkus dengan daun pepaya. Gambar : Unsplash.com/Dok. Ilham Abitama

Mungkin sudah banyak orang yang sering mendengar bahwa daun pepaya bisa berguna untuk mengempukkan daging. Tidak hanya dalam keadaan mentah saja, tetapi bisa juga saat perebusan. 

Cara pakai daun pepaya agar daging bisa empuk adalah cukup remas-remas satu lembar daun pepaya tua dan masukkan ke dalam air rebusan daging. Sesekali harus dicek untuk mengetahui sudah seberapa empuk daging tersebut direbus dengan daun pepaya. Dan bisa juga gunakan daun pepaya muda, karena getahnya bisa mengempukkan daging.

Sebagai informasi, daun pepaya mengandung enzim alami yang berfungsi sebagai memecah protein dalam daging. Dengan begitu, daging bisa menjadi lebih empuk. 

  1. Potongan buah nanas

Potongan buah nanas. Gambar : Unsplash.com/Dok. Masahiro Naruse

Sama halnya dengan daun pepaya, potongan buah nanas bisa membantu untuk mengempukkan daging yang direbus. 

Cara pakai buah nanas agar daging bisa empuk sangatlah mudah, rebus dahulu daging sapi maupun kambing hingga mendidih, tambahkan potongan buah nanas sepanjang jari telunjuk untuk 1-2 kg daging sapi atau kambing.

Tak hanya itu, buah nanas juga bisa dipotong menjadi 3 bagian, jangan terlalu banyak karena bisa membuat daging hancur. Jadi, Anda harus sesekali cek juga sudah seberapa empuk daging yang direbus. Jika dirasa sudah empuk, daging harus segera diangkat agar tidak hancur.

Baca Juga : Minyak Goreng Susah Dicari, Berikut Tips Memasak Agar Irit Minyak Goreng

  1. Bumbu pengempuk daging

Bumbu pengempuk daging. Gambar : Unsplash.com/Dok. HowToGym

Apabila Anda tidak menemukan buah nanas dan daun pepaya untuk mengempukkan daging, Anda bisa membeli bubuk pengempuk daging yang mungkin lebih mudah dibeli dan disimpan dalam waktu yang cukup lama. Gunakan bubuk tersebut sesuai kebutuhan atau aturan pakai di kemasan sebelum atau selama merebus daging.

  1. Perhatikan potongan daging yang ingin direbus

Perhatikan potongan daging yang ingin direbus. Gambar : Unsplash.com/Dok. Usman Yousaf

Sebelum direbus, perhatikan potongan daging yang ingin Anda rebus, potong daging mengikuti seratnya.

Cara tersebut cukup mudah untuk membuat daging yang direbus cepat empuk. Setelah mendidih, kecilkan api dan gunakan api kecil, tutup pancinya dan masak dalam waktu lama agar daging tersebut bisa empuk hingga ke dalam seratnya.

  1. Gunakan teknik 5-30-7

Gunakan teknik 5-30-7. Gambar : Unsplash.com/Dok. Frank Zhang

Teknik 5-30-7 bisa digunakan untuk merebus daging agar cepat empuk. Caranya adalah rebus daging sapi maupun kambing dengan air mendidih selama 5 menit, lalu matikan kompor dan tutup panci untuk merebus daging selama 30 menit kemudian rebus lagi daging tersebut selama 7 menit. 

  1. Pakai daun jeruk dan cuka

Pakai daun jeruk dan cuka. Gambar : Pixabay.com/Dok. balouriarajesh

Menambahkan daun jeruk pada rebusan pertama, bisa membuat daging sapi maupun kambing cepat empuk. Untuk 500 gram daging sapi, Anda bisa menggunakan 3 lembar daun jeruk. Rebus daging sekitar 10 menit, lalu tiriskan daging. Setelah itu, pada rebusan kedua tambahkan 2 sdm cuka masak dalam air rebusan. Cara ini bisa membuat daging cepat empuk dan lembut.

  1. Gunakan presto

Gunakan presto. Gambar : Pixabay.com/Dok. AnnRve

Presto merupakan alat pengempuk daging yang paling cepat diantara tips yang lainnya, pasalnya presto bisa mengempukkan daging dalam waktu 30 menit untuk ukuran daging 1-2 kg. Apabila anda ingin membuat air kaldu sekalian, tambahkan air lebih banyak satu cm dari air yang sudah merendam daging.

Nah itu dia 7 tips merebus daging sapi atau kambing dalam waktu yang singkat dan bisa membuat empuk. Jangan sampai alot dan keras lagi ya dagingnya. Idul Adha sebentar lagi, jadi simpan artikel ini sampai waktu Idul Adha tiba.

Semoga bermanfaat ya tips yang sudah diberikan oleh tim Baperanews.com

Baca Juga : Tips Menyimpan Sisa Makanan agar Tahan Lama