Mulai September 2023, QRIS Bisa Tarik Tunai Hingga Transfer

Bank Indonesia secara resmi memperkenalkan layanan baru QRIS Tuntas yang mencakup fitur tarik tunai, setor tunai, dan transfer.

Mulai September 2023, QRIS Bisa Tarik Tunai Hingga Transfer
Mulai September 2023, QRIS Bisa Tarik Tunai Hingga Transfer. Gambar : Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - Bank Indonesia resmi luncurkan fitur baru untuk QRIS berupa QRIS tarik tunai, setor tunai, dan transfer. Semua layanan baru tersebut bisa mulai digunakan pada 1 September 2023.

Gubernur BI, Perry Warjiyo, menyebut layanan bertajuk QRIS Tuntas ini ialah kado HUT RI ke-78 yang juga sebuah bentuk peningkatan layanan QRIS usai 4 tahun diluncurkan.

“Implementasinya untuk penyedia jasa pembayaran (PJP) yang sudah siap mengembangkan fitur ini secepatnya pada 1 September 2023 dan selambatnya 30 November 2023 tergantung kesiapan dari teknologi masing-masing lembaga” kata Perru hari Kamis (17/8) dalam peluncuran layanan Tuntas.

Layanan Tuntas bisa dipakai oleh pemilik akun ataupun non pemilik dengan mobile banking atau uang elektronik. Hal yang menguntungkan bagi pengguna ialah biaya layanan QRIS tarik tunai, setor tunai, dan transfer yang lebih murah.

Misalnya biaya tarik tunai QRIS Tuntas sesuai kesepakatan dengan industri ialah Rp 6.500 per transaksi, transaksi on us intra PJP dengan agen, dan transaksi off us antar PJP. Untuk transaksi sampai Rp 100.000 per transaksi telah disepakati Rp 2.000 per transaksi.

“Transaksi on us intra PJP via ATM tidak dikenai biaya dan ini lebih murah dibanding biaya tarik tunai off us di ATM yang saat ini mencapai Rp 7.500 atau tarik tunai di agen bisa Rp 1.000 – 20.000. Untuk transaksi QRIS Tuntas sama dengan Bi Fast yakni Rp 2.500 per transaksi. Bi Fast kan harus pakai account kalau di QRIS Tuntas QRIS tarik tunai, setor tunai, dan transfer boeh pakai uang elektronik, biayanya murah Rp 2.500” imbuhnya.  

Baca Juga : BI Gratiskan Tarif QRIS Bila Transaksi Dibawah 100 Ribu

Lebih lanjut Perry menjelaskan, biaya setor tunai dengan QRIS Tuntas ialah Rp 5.000 per transaksi untuk transaksi on us di agen dan off us sedangkan transaksi on us intra PJP via ATM tidak dikenai biaya.

“Lagi-lagi ini lebih murah, karena jika dibanding biaya setor tunai di agen saat ini bisa mencapai Rp 10.000 sampai 20.000 per transaksi” pungkas Perry.

Adapun layanan setor tunai bersifat off us antar PJP masih memakai kanal PJB yang terbatas sehingga diharapkan layanan QRIS Tuntas bisa jadi solusinya. Batas nominal QRIS Tuntas mengikuti batas normal transaksi QRIS yang berlaku.

Peluncuran QRIS Tuntas diharapkan bisa mempermudah dan memperluas akses pembayaran digital untuk semua masyarakat terutama bagi masyarakat yang tidak memiliki rekening bank misalnya masyarakat di daerah 3T (terpencil, terluar, terdepan).

Rincian Biaya QRIS Tuntas :

  • Tarik tunai Rp 5.000
  • Setor tunai Rp 6.500
  • Transfer di bawah Rp 100.00 ialah Rp 2.500
  • Transfer di atas Rp 100.000 ialah Rp 2.000

Fitur inilah yang berbeda dimana sebelumnya QRIS hanya sebagai media pembayaran kini bisa menjadi media untuk tarik tunai, setor tunai, dan transfer.

Baca Juga : Hore! QRIS Akan Rilis Fitur Tarik Tunai Dari Gopay