Mesin ATM di Jepang Akan Keluarkan Suara Saat Menggunakan HP

Mesin ATM di Jepang menghadirkan fitur inovatif dengan keluarnya suara saat menggunakan HP di dekat mesin. Simak Berita Selengkapnya!

Mesin ATM di Jepang Akan Keluarkan Suara Saat Menggunakan HP
Mesin ATM di Jepang Akan Keluarkan Suara Saat Menggunakan HP. Gambar : resources.realestate.co

BaperaNews - Polisi di Jepang mengambil langkah inovatif untuk mencegah penipuan yang kerap menargetkan para lansia di negara tersebut. Mereka akan menggunakan kecerdasan buatan (AI) dalam mesin ATM untuk membantu mengeluarkan peringatan kepada pengguna yang menggunakan ponsel (HP) di depan mesin tersebut.

Dilansir dari sumber yang terpercaya, mesin ATM baru akan dilengkapi dengan teknologi AI yang memungkinkan mesin tersebut untuk memutar video peringatan secara otomatis saat mendeteksi pengguna yang sedang menggunakan ponsel di depannya. 

Video peringatan pada mesin ATM di Jepang tersebut akan bersuara dan memberi tahu pengguna bahwa panggilan telepon yang mereka terima adalah penipuan.

Para lansia di Jepang sering menjadi korban penipuan lewat telepon, yang dikenal sebagai "tokushu sagi". 

Para penipu sering kali berpura-pura menjadi anggota keluarga yang membutuhkan bantuan dan mengarahkan korban untuk mentransfer uang melalui ATM. Modus penipuan ini mirip dengan yang digunakan oleh penipu di Indonesia.

Baca Juga : Warga RI Ramai Pindah Kerja ke Jepang, Kenapa?

Kerjasama antara Badan Kepolisian Nasional dengan kantor pos dan bank di Jepang menjadi kunci dalam pengembangan sistem ini. 

Mesin ATM di seluruh negeri diperkirakan akan dipasangi dengan teknologi ini untuk mengurangi risiko penipuan terhadap para pengguna, terutama para lansia yang rentan menjadi korban.

Namun, masih belum diketahui secara pasti apakah video peringatan akan diputar hanya saat pengguna terdeteksi menggunakan ponsel di depan mesin ATM atau apakah peringatan akan muncul secara lebih spesifik, misalnya saat pengguna sedang menerima panggilan telepon langsung di depan mesin ATM.

Baca Juga : Baju Putih Ajaib, Desain Baju Jepang Anti Noda Khusus Penggemar Ramen