Mentan Syahrul Yasin Limpo Menghadap Presiden Jokowi di Istana Hari Ini

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo akan menghadap Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta Hari Ini 5 Oktober 2023. Simak Selengkapnya Disini!

Mentan Syahrul Yasin Limpo Menghadap Presiden Jokowi di Istana Hari Ini
Mentan Syahrul Yasin Limpo Menghadap Presiden Jokowi di Istana Hari Ini. Gambar : Beritasatu.com / Joanito De Saojoao

BaperaNews  –  Hari ini, Kamis, 5 Oktober 2023, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo akan menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan. Pertemuan ini dilakukan setelah spekulasi mengenai keterlibatan SYL, politikus Partai Nasdem, dalam kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) menyeruak ke permukaan.

Diketahui, Mentan SYL baru saja tiba kembali ke Tanah Air pada Rabu, 4 Oktober 2023. Setibanya di Jakarta, SYL tak membuang waktu dan langsung berkoordinasi dengan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, di Nasdem Tower. "Saya diminta untuk menyampaikan bahwa besok (Kamis) Pak Mentan akan ke Istana menghadap Bapak Presiden," papar Febri Diansyah, kuasa hukum SYL, pada dini hari Kamis, 5 Oktober 2023, di Nasdem Tower.

Baca Juga: Sempat Dikabarkan Hilang di Eropa, Syahril Yasin Limpo Sudah Kembali ke Indonesia

Namun, Febri tidak membeberkan detail agenda dari pertemuan antara Mentan SYL dengan Presiden Jokowi. Meskipun demikian, dia menegaskan komitmen untuk memberikan pendampingan hukum bagi SYL. "Tadi yang disampaikan ke kami adalah besok akan menghadap bapak presiden ke Istana," ungkap Febri. Sebagai informasi, Febri telah ditunjuk menjadi salah satu dari tim kuasa hukum SYL dalam proses penyidikan yang melibatkan mantan juru bicara KPK tersebut.

Febri berharap bahwa proses hukum yang melibatkan SYL berjalan sesuai aturan. "Tentu saja untuk memastikan dalam proses penyidikan ini, prosesnya berjalan prosedural dan segala hak yang diatur secara hukum itu dipenuhi," katanya.

Kabar terkait "kehilangan kontak" dengan SYL memang sempat mencuri perhatian masyarakat. Sebelumnya, berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Wakil Mentan Harvick Hasnul Qolbi, Mentan SYL seharusnya sudah kembali dari Eropa pada 30 September 2023 dan tiba di Indonesia pada 1 Oktober 2023. Namun, Harvick mengungkapkan bahwa pihak Kementan kesulitan menghubungi SYL pasca kunjungan kerjanya di Italia dan Spanyol.

Perlu diketahui, isu mengenai keterlibatan SYL dalam dugaan korupsi di Kementan telah memantik spekulasi di kalangan publik. Pertemuan antara Mentan SYL dan Presiden Jokowi nantinya diharapkan dapat memberikan kejelasan mengenai isu tersebut.

Dengan berbagai pertanyaan yang muncul terkait kasus korupsi dan status hukum Mentan SYL, masyarakat tentunya menantikan kelanjutan dari pertemuan penting ini. Bagaimana respons dari Presiden Jokowi dan apa langkah selanjutnya yang akan diambil oleh Mentan SYL? Hanya waktu yang akan memberi jawaban.

Baca Juga: Gantikan Megawati, Jokowi Diusulkan Jadi Ketum PDIP