Jokowi Sebut Pandemi Covid-19 Akan Segera Berakhir

Jokowi membahas kemungkinan pandemi Covid-19 akan segera berakhir, Jokowi mengajak UMKM untuk bersiap membangun ekonomi pasca pandemi.

Jokowi Sebut Pandemi Covid-19 Akan Segera Berakhir
Presiden RI Jokowi umumkan Indonesia akan segera akhiri pandemi Covid-19. Gambar : ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

BaperaNews - Presiden Jokowi mengumumkan Indonesia akan segera mengakhiri pandemi Covid-19, menurutnya, penyebaran virus tersebut sudah mereda.

“Pandemi memang telah mulai mereda, mungkin sebentar lagi kita akan menyatakan bahwa pandemi telah berakhir” ujarnya pada Senin (3/10) dalam acara Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas.

Jokowi kemudian membahas tentang kondisi ekonomi di dunia saat ini yang sedang tidak dalam keadaan baik-baik saja, bahkan termasuk Negara-negara maju juga berada dalam kondisi yang sulit. Ia menyebut pemulihan akibat pandemi Covid-19 belum sepenuhnya normal, apalagi, keadaan justru diperparah dengan adanya perang Rusia Ukraina.

“Kita tahu sekarang sedang krisis pangan dan krisis energi, juga krisis finansial. Hal itu sedang terjadi, tapi di Negara kita pada Kuartal 2 Tahun 2022 masih bisa tumbuh 5,44%. Saya yakin di kuartal III kita masih bisa tumbuh di atas angka tadi” imbuhnya.

Sebelumnya status gawat darurat pandemi Covid-19 tertulis dalam Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19 dan Keppres Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana non Alam Covid-19 sebagai Bencana Nasional.

Baca Juga : WHO Nyatakan Akhir Pandemi Covid-19 Sudah Di Depan Mata

Menteri Kesehatan Budi Gunadi juga menyebut pemberhentian PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) belum dilaksanakan, masih menunggu perintah dan keputusan dari Presiden Jokowi.

Namun, IDI (Ikatan Dokter Indonesia) tidak sependapat dengan Jokowi, IDI menyebut pemerintah jangan dulu terburu-buru mencabut status pandemi Covid-19, sebab yang seharusnya berhak mencabut status pandemi Covid-19 adalah Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Ketum IDI, M. Adib Khumaidi mengingatkan bahwa ada sejumlah indikator yang dipakai sebagai acuan dan parameter bahwa Indonesia sudah aman dari pandemi Covid-19 yaitu jumlah kasus aktif, jumlah kematian, capaian vaksinasi dan booster, juga surveilans.

Sementara dari WHO, Dirjen WHO Tedros Adhanom justru menyampaikan hal senada dengan Jokowi, bahwa pandemi Covid-19 kemungkinan besar akan segera berakhir. Tedros berkaca pada turunnya angka kasus Covid-19 secara drastis sejak tahun 2020.

Menurutnya, Covid-19 telah menginfeksi 606 juta orang lebih sejak muncul pada tahun 2019 lalu, dan angka kasus Covid-19 pekan lalu adalah yang paling rendah sejak Maret 2020. Begitu pula dengan jumlah kematian, mencapai angka terendah sejak Maret 2020.

“Kita tidak pernah ada dalam posisi lebih baik untuk akhiri pandemi Covid-19, kita belum sampai di akhir pandemi, tapi itu sudah ada di depan mata” pungkasnya.

Baca Juga : Kemenkes: Vaksin Cacar Monyet Akan Tiba di RI Pada Oktober 2022