Menhub Minta Pemudik Dari Sumatera Tunda Balik, Cegah Kemacetan Panjang

Menhub Budi Karya menyarankan para pemudik dari Sumatera yang menuju Jawa untuk menunda perjalanan balik untuk menghindari kemacetan panjang!

Menhub Minta Pemudik Dari Sumatera Tunda Balik, Cegah Kemacetan Panjang
Menhub Budi Karya. Gambar: Dok. Kemenhub

BaperaNews - Menhub Budi Karya menyarankan para pemudik dari Sumatera yang menuju Jawa agar menunda perjalanan pulang kampungnya, dia menyarankan, lebih baik pulang pada hari Senin sampai Rabu minggu depan.

“Oleh sebab konsisten apa yang disampaikan Kapolri bahwa sebaiknya kita tidak balik ke Jawa atau Jakarta besok, tundalah hari Senin, Selasa, atau Rabu” ujarnya di Pelabuhan Bakauheni Sabtu 7 Mei 2022.

Budi Karya menyebut, banyak pemudik di Sumatera yang belum bergerak ke Jawa, dia juga menyoroti pemerintah yang telah memberi hak cuti serta libur sekolah yang diperpanjang. “Toh pemerintah sudah memberi hak cuti, boleh ajukan cuti, pemerintah juga sudah memberi ijin untuk anak-anak kita sekolah secara daring jadi secara kolaboratif effort sudah kita lakukan” imbuhnya.

Ia menyatakan kekhawatirannya karena 60% pemudik dari Sumatera belum balik ke Jawa dan jumlah pemudik Sumatera  angkanya cukup tinggi. “Dari data yang kami periksa tadi pagi itu yang pulang baru 40%, ada 60% yang belum gerak ke Jawa, dan juga dari Semarang ke Jakarta hampir sama angkanya” tuturnya.

Baca Juga : Mobil Terbakar Saat One Way Di KM 48 Tol Cikampek Arah Jakarta

Budi pun mencontohkan tentang kemacetan jalan sepanjang 10 km di Pelabuhan Merak yang baru saja terjadi di arus balik ini, dia memprediksi kemacetan akan tambah parah jika 60% pemudik yang belum kembali itu melakukan perjalanan secara bersamaan.

“Katakanlah kemarin yang di Merak dengan 37 ribu kita ada antrean 10 km nah ini kalau 45 ribu atau 50 ribu itu akan ada antrean, tentu jadi tidak baik pelayanannya” tambahnya.

Budi dan jajarannya memang sudah menyiapkan kapal tambahan sebagai antisipasi lonjakan penumpang di arus balik, namun Budi tetap menghimbau pemudik di Sumatera  yang bertujuan ke Jawa untuk menunda dulu perjalanannya jika memungkinkan, untuk menghindari penumpukan pemudik di pelabuhan maupun kemacetan di jalan.

Sementara itu Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Zahwani menyebut sudah ada 143.377 orang menyeberang dari pelabuhan Bakauheni ke Merak pada hari Jumat hingga Sabtu 6-7 Mei 2022 pukul 08.00 pagi waktu setempat, dengan 45 kapal dan total 133 perjalanan.

Angka tersebut tentu juga akan naik jika 60% pemudik yang belum balik Jawa pulang secara bersamaan pada hari Minggu ini 8 Mei 2022 yang dikhawatirkan akan membuat antrian panjang hingga kemacetan.

Baca Juga : Akhir Libur Lebaran, Penyu Ciletuh Rebahan, Tumpukan Sampah