Camat Haltim Gelar Festival Seni dan Qasidah Tingkat Kec. Haltim Tahun 2023

Pemerintahan Kecamatan Halongonan Timur menyelenggarakan Festival Seni dan Qasidah tingkat Kecamatan Halongonan Timur (Haltim).

Camat Haltim Gelar Festival Seni dan Qasidah Tingkat Kec. Haltim Tahun 2023
Camat Haltim Gelar Festival Seni dan Qasidah Tingkat Kec. Haltim Tahun 2023. Gambar : Dok. Istimewa

Paluta, BaperaNews - Pemerintahan Kecamatan Halongonan Timur menyelenggarakan Festival Seni dan Qasidah Tingkat Kecamatan Halongonan Timur (Haltim) di Ruang Aula Kantor Camat Halongonan Timur Kabupaten Padang Lawas Utara, Rabu (12/7/2023).

Festival Seni dan Qasidah yang diperlombakan terdiri dari 64 peserta yang ikut dalam perlombaan dan jenis yang diperlombakan ada 3 cabang perlombaan yaitu cabang bintang vokalis anak-anak,  remaja dan dewasa, cabang pop religi anak-anak remaja dan dewasa,  cabang rebana dan klasik remaja dan dewasa. 

Turut hadir dalam acara tersebut, Camat Halongonan Timur Muzni Lelo Halomoan Harahap,  SSTP, M. SP,  Sekcam Harry Mangaraja Harahap,  Bhabinkamtibmas  Polsek Padang Bolak Bripka A. Pohan, dan Babinsa Koramil 05/PB Kopda Rajawali Siregar.

Selanjutnya dari Perusahaan Perkebunan Sawit PTTN diwakili Askep Fery,  Kepala Desa Rondaman Zaman Siregar, Kepala Desa Siancimun Ardiansyah Harahap, Kepala Desa Batang Pane 1 Satria, Kepala Desa Batang Pane II mewakili Sekdes Suwardi, Kepala Desa Batang Pane III Jumadi.

Kepala Desa Situmbaga Muhammad Yunus Harahap,  Pj. Kepala Desa Mompang 1, dan Kepala Sekolah SDN 103070 Siancimun Kennedi Asani Harahap. Serta Dewan juri antara lain Ustad Pantas Paralihan Siregar, Ustadzah Adelina Harahap, dan Ustad Irfan Saputra Harahap. 

Camat Halongonan Timur  Muzni Lelo Halomoan Harahap  dalam sambutannya menyampaikan susunan jenis cabang Festival Seni dan Qasidah tingkat Kecamatan Halongonan Timur Tahun 2023 yang dipertandingkan.

Ia jelaskan bahwa sudah sekian lama tidak dibuat pertemuan disebabkan karena kasus pandemi Covid-19, “Setelah 3 tahun tidak melaksanakan kegiatan seperti ini, adapun kegiatan yang kita laksanakan selain vaksinasi bersama pemerintahan kecamatan dan desa serta bapak-bapak Polisi dan TNI. Selama 3 tahun ini kegiatan kita vakum,” ujarnya.

Kemudian Muzni katakan dalam acara tersebut bahwa perlombaan Festival Seni dan Qasidah. “Bukan hanya di tingkat kabupaten saja acara Festival Seni dan Qasidah ini dilaksanakan bahkan tingkat pusat juga festival seni dan qasidah ini sudah ada diselenggarakan. Bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi dan persaudaraan. Jadi saya berharap kepada peserta terus berlatih dan pertahankan prestasinya,” ucapnya.

Selanjutnya sambutan Kapolsek Padang Bolak Zulfikar, SH,  MH diwakili Bhabinkamtibmas Polsek Halongonan Bripka A. Pohan menyampaikan bahwa di dalam perlombaan ini supaya dewan juri berlaku jujur dan adil dalam menentukan pemenangnya. 

“Jangan ada nepotisme, jangan karena ada hubungan kedekatan dibuat sebagai pemenang. Jadi disini saya berharap tentukanlah pemenangnya sesuai dengan prestasinya,” kata A. Pohan. 

Dewan juri mengumumkan Juara Festival Seni dan Qasidah Kecamatan Halongonan Timur Tahun 2023 yang dibacakan oleh Ustad Pantas Paralihan Siregar menyampaikan bahwa yang akan berlaga ke tingkat kabupaten adalah peserta pemenang juara 1 setiap cabang perlombaan.

     1. Rebana Klasik

1. Rebana klasik dewasa putri juara 1 Bunda Sha'bah dengan  nilai 75.

2. Rebana klasik remaja putra juara 1 tidak ada, juara 2 tidak ada, juara 3 Al Mubarok dengan nilai 30. 

      2. Bintang Vokalis

1. Bintang vokalis anak-anak putri, juara 1 Mutiara Rahmadani dengan perolehan nilai 52, juara 2 Nila Sibarani dengan perolehan nilai 46, juara 3 Eka Rahmayani dengan perolehan nilai 37.

2. Bintang vokalis anak-anak putra, juara 1 tidak ada, juara 2 tidak ada, juara 3 Aburizal Bakrie dengan perolehan nilai 38.

     3. Pop Religi Anak-Anak

1. Pop religi anak-anak putri, juara 1 Fitria Rosalina dengan perolehan nilai 55, juara 2 Tiara Suhala dengan perolehan nilai 50, juara 3 Rizki Fitriana dengan perolehan nilai 49.

2. Pop religi anak-anak putra, juara 1 Fadlan Muara dengan perolehan nilai 54, juara 2 Awal Hapatutan dengan perolehan  nilai 51, juara 3 Sabyan Abdul Malik dengan perolehan nilai 45.

     4. Pop Religi Remaja

1. Pop religi remaja putri, juara 1 Miftahur Rohmah dengan perolehan nilai 56, juara 2 Diah Oktavia dengan perolehan nilai 53, juara 3 Mutiah Muliani dengan perolehan nilai 52. 

     5. Pop Religi Dewasa

1. Pop religi dewasa putri, juara 1 Elpida Safitri Daulay dengan perolehan nilai 55, juara 2 Siti Rumondang dengan perolehan nilai 53.

2. Pop religi dewasa putra, juara 1 Afriyan dengan perolehan nilai 52 

“Untuk itu, saya berharap sebelum bertanding di tingkat kabupaten nanti supaya tetap berlatih agar nanti bisa tampil lebih baik dan mendapat juara 1 lagi karena lawan tanding semakin berat,” tutup Pantas Paralihan Siregar. 

Penulis : Haryan Harahap.