Masyarakat Desa Paluta Ikuti Pelatihan Ketahanan Pangan

Sebanyak 1158 warga Desa Padang Lawas Utara menghadiri pelatihan ketahanan pangan di Medan, dibiayai oleh dana desa dengan biaya Rp 10 juta per peserta. Simak selengkapnya di sini!

Masyarakat Desa Paluta Ikuti Pelatihan Ketahanan Pangan
Masyarakat Desa Paluta Ikuti Pelatihan Ketahanan Pangan. Gambar: Dok. Istimewa

BaperaNews - Sebanyak 1158 warga Desa Padang Lawas Utara (Paluta), Sumatera Utara, akan mengikuti pelatihan ketahanan pangan aman dan sehat di Medan. Kegiatan ini diselenggarakan di Hotel Putra Mulia, Jalan Gatot Subroto, Medan, dari tanggal 22 sampai 26 April 2024. Setiap peserta dikenakan biaya Rp10 juta, yang dibiayai dari dana desa.

Kegiatan ini diduga menguras miliaran rupiah dari anggaran dana desa tanpa memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat.

Pelaksana kegiatan adalah Baruga Sinergi Institute, yang berbasis di Jakarta Pusat. Institut ini bekerja sama dengan berbagai lembaga dan perguruan tinggi, serta pemerintah daerah di seluruh Indonesia. Informasi lebih lanjut tentang institut ini bisa ditemukan melalui Google atau Instagram mereka.

Menurut informasi yang dihimpun, kegiatan ini sering melibatkan pihak yang sama setiap tahun dan diduga kuat memiliki hubungan dekat dengan pejabat lokal Paluta. Seorang sumber internal pemerintah Paluta yang tidak ingin disebutkan namanya mengungkapkan bahwa pelatihan pangan ini didukung oleh oknum di aparatur penegak hukum.

"Tolong ya,identitas saya jangan disebut," ujarnya sambil memberi kode tulisan pada Minggu (21/4). Kode yang terbaca media ini bertuliskan "Tanjung Morawa" .
(Haryan Harahap)