Mengunjungi Masjid Nabawi Secara Virtual, Ini Caranya!

Melihat keindahan Masjid Nabawi kini tidak perlu langsung pergi ke Arab Saudi, Anda bisa melihat Masjid Nabawi secara virtual atau 3D. Begini cara kunjungi Masjid Nabawi secara virtual!

Mengunjungi Masjid Nabawi Secara Virtual, Ini Caranya!
Mengunjungi Masjid Nabawi secara virtual. Gambar : unsplash.com/Dok. Sulthan Auliya

BaperaNews - Sebagian besar umat islam tentunya ingin melihat langsung Masjid Nabawi selain Masjidil Haram.

Masjid Nabawi adalah Masjid yang menjadi tempat istirahat terakhir Nabi Muhammad SAW. Karena letaknya jauh, tidak semua umat muslim di dunia punya kesempatan untuk mengunjunginya.

Namun, kini Arab Saudi menyediakan solusi, membuat layanan kunjungan virtual atau 3D ke Masjid Nabawi. Layanan ini diluncurkan oleh King Fahd Glorious Quran Printing Complex (KFGQPC), dilakukan dengan teknologi 3D 360 derajat, teknologi ini ialah yang pertama kali.

Layanan memungkinan pengguna seolah bisa benar-benar berjalan ke koridor Masjid, meski dalam bentuk virtual, tentu akan memberi pengalaman yang menyenangkan, bisa berjalan melihat isi Masjid Nabawi seperti di dunia nyata.

Berikut cara kunjungi Masjid Nabawi secara virtual dengan layanan tersebut.

Baca Juga : Berikut 2 Cara Cek Nomor Porsi Haji dan Perkiraan Tanggal Berangkat Haji

Cara Kunjungi Masjid Nabawi Secara Virtual:

Akan muncul tampilan Al Salam gate, juga terdengar suara adzan berkumandang. Anda juga bisa bergerak ke semua sisi Masjid Nabawi atau menuju sudut tertentu dengan memilih lokasi di bagian atas.

Ada beberapa tempat bersejarah islami lain yang juga bisa dikunjungi dengan layanan ini yaitu gerbang Al Salam, Gerbang Jibril, gerbang makam Umar bin Khattab, gerbang Abu Bakar Al Shiddiq, bahkan lokasi sekitar makam Nabi Muhammad SAW.

KFGQPC ialah lembaga pemerintah resmi milik Arab Saudi yang pertama kali memperkenalkan teknologi virtual realitas 360 derajat untuk layanan ini.

“Lebih dari 15 tahun lalu, kompleks dan fasilitas terpentingnya kami foto dengan teknologi virtual reality oleh kader TI dan gambar tersebut kini tersedia di situs web” terang KFGQPC.

“KFGQPC juga memanfaatkan pengalaman di bidang ini untuk semua muslim di seluruh dunia, memberi kesempatan pada mereka melihat isi Masjid Nabawi” pungkasnya. Masjid Nabawi sendiri ialah Masjid terbesar kedua di seluruh dunia dan ditetapkan menjadi tempat tersuci kedua di agama islam.

Masjid Nabawi dibangun oleh Nabi Muhammad SAW usai beliau hijrah dari Mekkah ke Madinah, Masjid Nabawi mengalami perluasan berkali-kali hingga menjadi seperti sekarang ini.

Sambil menunggu waktu yang tepat untuk berkunjung langsung ke Masjid Nabawi, tak ada salahnya berkunjung secara virtual terlebih dahulu, selamat mencoba!.

Baca Juga : Simple! Simak Cara Buat QR Code Google Maps Untuk Undangan Pernikahan