Lewat KTT G20, Luhut Ingin Tunjukkan Kemajuan Pembangunan di Indonesia

Lewat gelaran Konferensi Tingkat Tinggi G20, Luhut ingin tunjukan kemajuan pembangunan di Indonesia. Kesempatan besar jadi Tuan Rumah KTT G20!

Lewat KTT G20, Luhut Ingin Tunjukkan Kemajuan Pembangunan di Indonesia
Luhut Binsar Pandjaitan kala mengecek Sirkuit Mandalika.Gambar : Instagram/Luhut Binsar Pandjaitan

BaperaNews - Luhut Binsar Pandjaitan (Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi) menjelaskan bahwa gelaran Konferensi Tingkat Tinggi G20, tidak hanya bisa dimanfaatkan dalam membantu proses kemajuan sosial ekonomi masyarakat Indonesia, melainkan juga bisa dimanfaatkan sebagai ajang untuk memperkenalkan budaya asli Indonesia di mata dunia.

Pernyataan yang diberikan oleh Luhut Binsar Pandjaitan (Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi tersebut saat beliau sedang bertugas dalam mempersiapkan agenda penyambutan perhelatan akbar Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022 yang mana Indonesia sebagai negara selanjutnya didapuk menerima tongkat estafet. Penyampaiannya tersebut diberikan secara virtual pada hari Jumat, 27 November 2021 malam.

“Saya mempunyai pandangan, bahwa Indonesia yang berada pada posisi tuan rumah Presidensi G20 Tahun 2022 memberikan pesan tersirat agar bisa lebih meningkatkan pengakuan, kekuatan hingga pengaruh dalam ruang lingkup global. Di samping itu, berbagai negara yang menjalin hubungan bilateral dengan Indonesia juga tengah menanti feedback positif dengan adanya peningkatan peran secara global,” kata Luhut Binsar Pandjaitan (Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi).

Pada kesempatan ini, Indonesia didapuk untuk menjadi pemeran utama sebagai tuan rumah Presidensi G20 tahun 2022, hal ini merupakan momen yang tepat dalam upaya membantu proses pemulihan ekonomi Indonesia pasca badai pandemi.

“Momentum berharga kali ini tak boleh kita sia – siakan begitu saja. Ini waktu yang tepat untuk menunjukkan kemajuan pembangunan Indonesia di kancah Internasional sehingga akan lebih banyak wisatawan dan investor yang masuk ke Indonesia,” tambah Luhut Binsar Pandjaitan (Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi).

Poin paling penting dan menjadi fokus dari pemerintah Indonesia saat gelaran Presidensi G20 Tahun 2022 adalah meningkatkan daya tarik dari sektor pariwisata dan UMKM sehingga bisa membantu memulihkan perekonomian rakyat.

Selain itu, pemerintah Indonesia juga akan menunjukkan kemajuan sektor transisi energi yang lebih ramah lingkungan dan pemanfaatan kendaraan listrik sesuai dengan Perjanjian Paris yang sebelumnya telah disepakati bersama.

Tak hanya Luhut Binsar Pandjaitan (Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi) yang akan berperan aktif dalam proses persiapan Presidensi G20 Tahun 2022, Airlangga Hartarto (Menteri Koordinator Bidang Perekonomian) juga turut terjun langsung yang mana akan mengangkat tema Recover Together, Recover Stronger.  Yang mana tema tersebut sangat tepat dibahas dalam upaya pemulihan kondisi negara secara bersama – sama akibat dampak dari pandemi.