Korsel Sahkan RUU Idol K-Pop, Beri Perlindungan Untuk Artis dan Idol Muda

Korea Selatan kembali melangkah maju dalam melindungi artis dan idol di bawah umur dengan mengesahkan RUU Idol K-POP.

Korsel Sahkan RUU Idol K-Pop, Beri Perlindungan Untuk Artis dan Idol Muda
Korsel Sahkan RUU Idol K-Pop. Gambar : Instagram.com/@newjeans_official

BaperaNews - Korea Selatan terkenal dengan sederet boygrup dan girlgrup. Tidak sedikit diantaranya yang berisi member di bawah umur, hal ini beresiko depresi dan tekanan mental pada member muda mengingat mereka harus bekerja keras dan disiapkan untuk menerima saran kritik di usia yang masih sangat muda.

Baru-baru ini Korsel mengesahkan Rancangan Undang-Undang untuk melindungi idol dan artis Kpop di bawah umur dari tindak eksploitasi dengan nama UU Pencegahan Krisis dan UU Pengembangan Industri Budaya Seni Populer. Pengesahan RUU Idol K-Pop dilakukan oleh Komite Budaya, Olahraga, dan Pariwisata Nasional.

RUU Idol K-Pop dimaksudkan mencegah para idol dan artis Kpop mengalami kerugian terutama jika terjadi kontrak eksploitatif dan menegaskan aturan jelas tentang pembagian royalti.

Kontrak ini juga dimaksudkan untuk mencegah perbudakan dimana pelaku industri di bawah umur rentan terkenal eksploitasi oleh agensi.

Baca Juga : Joohoney MONSTA X Akan Rilis Album Solo Pada Mei 2023

RUU Idol K-POP tersebut mengatur tentang :

  • Jumlah jam kerja artis dan idol di bawah umur yakni maksimal 25 jam seminggu untuk artis dan idol di bawah 12 tahun atau sehari maksimal 6 jam kerja.
  • Artis dan idol umur 12-15 tahun boleh diberi jam kerja maksimal 30 jam seminggu.
  • Artis dan idol umur 15 tahun ke atas boleh bekerja maksimal 35 jam seminggu atau 7 jam saja dalam sehari.
  • Larangan mengorbankan pendidikan untuk pekerjaan seperti tindak bolos atau keluar sekolah.
  • Larangan melakukan segala hal yang membahayakan kesehatan artis dan idol seperti memaksa mereka menurunkan berat agar terlihat lebih baik di sisi penampilan atau melecehkan secara verbal dan fisik.
  • Agensi wajib menyediakan petugas pelindung untuk artis dan idol muda yang bertugas menjaga kesehatan fisik mental para idol atau artis.

Kekhawatiran tentang kesehatan fisik dan mental artis idol Korsel belakangan ini jadi bahan pembicaraan menyusul banyaknya agensi yang mendebutkan artis dan idol di bawah umur.

Diantaranya ialah Hyein NewJeans yang debut di umur 14 tahun dan Chiquita BABYMONSTER yang debut di umur 14 tahun.

Jam kerja para artis dan idol juga sering jadi sorotan, kabarnya banyak dari mereka yang bahkan tak punya waktu untuk istirahat, mereka hanya bisa istirahat di perjalanan ketika menuju tempat show yakni di dalam mobil.

Mereka dituntut untuk terus tampil dan di waktu luang dibebani dengan latihan. Sebab itu RUU Idol K-Pop ini diharap bisa memberi kesejahteraan lebih untuk para idol dan artis Kpop terutama yang di bawah umur (< 18 tahun).

Baca Juga : SEVENTEEN Akan Comeback Dengan Mini Album FML