Komentar Fabio Quartararo Soal Aspal Baru Sirkuit Mandalika Setelah Menangi FP2

Fabio Quartararo memberikan komentar soal aspal baru Sirkuit Mandalika setelah menangi FP2 MotoGP pada Jumat (18/02/22). Simak Komentarnya!

Komentar Fabio Quartararo Soal Aspal Baru Sirkuit Mandalika Setelah Menangi FP2
Fabio Quartararo. Gambar : Dok. MotoGp

BaperaNews - Fabio Quartararo menunjukkan keahliannya dalam latihan bebas kedua (FP2) di MotoGP Mandalika hari Jumat 18 Maret 2022, hasilnya sesuai dengan harapan pembalap dunia tersebut yakni berhasil menang juara pertama, ia pun memberi komentar tentang Sirkuit Mandalika yang sudah diaspal baru dimana sebelumnya banyak mendapat kritik dari para pembalap karena kotor dan banyak kerikil yang bisa membahayakan keselamatan.

Pembalap asal Prancis, Fabio Quartaro menyebut aspal Sirkuit Mandalika sudah menjadi lebih baik mengingat pada Februari 2022 lalu ketika latihan pramusim, Fabio Quartararo menemukan batu-batu besar di lintasan. “Pada waktu tes pramusim banyak batu-batu besar, tapi sekarang lebih keci jadi lintasannya lebih baik, sulit untuk memberi kesimpulan apa perbedaannya, di beberapa area sudah sangat bagus, tapi di beberapa area lain tidak” ujar Fabio Quartararo.

Namun pembalap bernomor 20 yakni Fabio Quartararo menegaskan secara keseluruhan, kondisi aspal di Sirkuit Mandalika sangat bagus untuk balapan, Sirkuit Mandalika kini juga sudah dinyatakan lolos Homologasi, yakni mendapat grade A sehingga ajang bisa kembali dilanjutkan hingga akhir pekan ini, Minggu 20 Maret 2022.

“Setelah diskusi dari semua agenda hari ini, FIM (Federation International De Motorcyclism memberi kami Homologasi A, sehingga kita bisa melanjutkan ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia” ujar Priandhi selaku Direktur Utama MGPA.

Baca Juga : Top 3 Sports, Quartararo Tolak Makanan Indonesia, Marquez Kecelakaan

Adapun homologasi ialah jenis kunci wajib untuk menilai sebuah Sirkuit, karena Mandalika merupakan sirkuit baru, maka harus mendapat grade A untuk bisa dijadikan arena balapan MotoGP, prosesnya dilakukan oleh FIM.

Uji homologasi sendiri sudah dilakukan sejak hari Kamis 17 Maret 2022, sehingga kualitas Sirkuit Mandalika kini sudah diakui dan dinyatakan aman serta memenuhi syarat menjadi lokasi balapan MotoGP.

Joan Mir juga memberikan komentar tentang aspal baru Sirkuit Mandalika, “Semua berubah banyak dibanding saat tes pramusim, ada aspal baru dan aspal lama, daya cengkeram saya rasa kurang di aspal yang baru dan ketika tes ada daya cengkeram tapi sulit, sekarang bisa dilalui, tapi masih ada batu kecil yang terpental ke belakang motor, tapi itu normal tidak seperti sebelumnya” tuturnya.

Begitu pula komentar Alex Rins hampir sama dengan Joan, “Trek tidak terlalu bersih, khususnya ketika keluar dari jalur, di tikungan 15 tidak stabil, lap demi lap, motor membersihkan lintasan, dan bisa membuat daya cengkeram, ya seperti ini adanya dan kami akan tetap tampil di balapan” ucapnya.

Baca Juga : Top 3 Sports, Marquez Salut Netizen Indonesia, Kevin Marcus Menang