Ketua Parlemen Singapura Resmi Mundur, Ketauan Selingkuh dan Korupsi

Ketua Parlemen Singapura mengundurkan diri setelah mengakui perbuatan selingkuh dengan anggota parlemen lain.

Ketua Parlemen Singapura Resmi Mundur, Ketauan Selingkuh dan Korupsi
Ketua Parlemen Singapura Resmi Mundur, Ketauan Selingkuh dan Korupsi. Gambar : Kreator BaperaNews Via Canva.com

BaperaNews - Heboh skandal sejumlah politisi terkenal Singapura  termasuk skandal Ketua Parlemen Singapura dalam beberapa minggu terakhir.

Diantaranya ialah kasus korupsi Menteri Perhubungan Singapura S. Iswaran sampai Ketua Parlemen Singapura Tan Chuan Jin yang selingkuh dengan anggota parlemen. Ketua Parlemen Singapura selingkuh meski telah diberi peringatan.

Biro Investigasi Korupsi Singapura (CPIB) mengkonfirmasi bahwa Iswaran telah ditangkap sehubungan dengan korupsi yang dilakukannya pada hari Selasa (11/7).

“Iswaran ditangkap pada hari Selasa (11/7) kemudian dia dibebaskan dengan jaminan” bunyi Biro Investigasi Korupsi Singapura (CPIB) hari Jumat malam (14/7) waktu setempat.

Kasus korupsi yang dilakukan Iswaran mencuat usai CPIB menyatakan bahwa taipan hotel Ong Seng Beng masuk investigasi. Ong Seng Beng ialah Direktur Pengelola Hotel Properties Limited . Hotel Properties Limited memiliki sederet hotel dan resort mewah kelas atas di Asia Pasifik.

Tentang penangkapan Ong Seng Beng, perusahaan Bursa Efek Singapura Exchange menyebut taipan itu telah mendapat pemberitahuan penangkapan dari lembaga anti korupsi. Ong Seng Beng juga telah membayar jaminan. Ong Seng Beng masih diijinkan pergi ke luar negeri dengan memberi uang jaminan sebesar SG $ 100 ribu atau Rp 1,1 Miliar. 

Baca Juga : 4 Ribu WNI Pindah Jadi Warga Negara Singapura

“CPIB telah menyetujui permintaan dari Ong Seng Beng untuk tetap bisa bepergian ke luar negeri. Setelah dari luar negeri, Ong Seng Beng diwajibkan lapor ke CPIB dan menyerahkan paspor miliknya kepada Biro” lanjut keterangan Biro Investigasi Korupsi Singapura (CPIB).

CPIB belum memberi keterangan lebih lanjut tentang kasus di parlemen Singapura ini. Pihak berwenang masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui siapa saja pihak yang ada di dalamnya dan apa kerugian yang ditimbulkan untuk negara.

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Long meminta Iswaran untuk cuti dalam rangka menjalani penyelidikan formal namun belum memberi tanggapan tentang  skandal Ketua Parlemen Singapura dimana Ketua Parlemen Singapura selingkuh.

Singapura selama ini dikenal sebagai negara dengan pejabat yang paling jujur, jarang sekali ada korupsi di negara tersebut. Para Menteri disana dibayar sesuai dengan prestasi mereka dan sepadan dengan penghasilan pekerja tertinggi di swasta.

Tak lama setelah Iswaran dinyatakan korupsi, muncul kasus skandal Ketua Parlemen Singapura. Tan Chuan Jin mengundurkan diri karena terlibat kasus selingkuh dengan anggota parlemen bernama Cheng Li Hui.

Ketua Parlemen Singapura selingkuh akhirnya ajukan pengunduran diri pada hari Senin (17/7). Tan Chuan Jin mengakui perbuatan selingkuhnya dan menyesalinya, ia menyadari perbuatannya telah membuat luka di keluarganya.

Baca Juga : Kejagung Ungkap Pengembalian Dana Rp 27 M Kasus Korupsi BTS