Kesaksian Alex Rins Soal Insiden Motor Terbakar Di MotoGP Mandalika

F4 MotoGP Mandalika 2022 sempat berhenti sementara akibat adanya insiden terbakarnya sepeda motor pembalap Alex Rins dari Suzuki Ecstar hari Sabtu (19/3/22).

Kesaksian Alex Rins Soal Insiden Motor Terbakar Di MotoGP Mandalika
Kesaksian Alex Rins Soal Insiden Motor Terbakar Di MotoGP Mandalika. Gambar: cnnindonesia.com

BaperaNews - Latihan bebas keempat/ F4 MotoGP Mandalika 2022 sempat berhenti sementara akibat insiden terbakarnya sepeda motor pembalap Alex Rins dari Suzuki Ecstar hari Sabtu 19 Maret 2022, motor Suzuki GSX-RR terbakar ketika waktu latihan bebas tersisa kurang dari setengah jam.

Moment terbakarnya motor Rins terjadi ketika masuk tikungan 10, semula Rins tidak menyadarinya, ia menyadari ketika ia tidak bisa menggeber gas dan melihat apa yang terjadi, setelah sadar motornya terbakar, ia pun langsung melompat dan menyelamatkan diri di tikungan 13, sejumlah marshal kemudian datang dan memadamkan api.

Rins memberikan kesaksian ketika ia berpikir cepat lompat dari motornya, hal itu karena ia takut terjadi hal yang tidak diinginkan, meskipun ia tidak mengalami cedera dalam insiden itu, tetap saja terasa mengerikan baginya.

“Ada masalah di saluran aliran bensin, mereka para teknisi tim sudah mengecek lagi” ujarnya. Ia mengaku di tikungan 10 sudah merasakan ada yang aneh dengan motornya, sempat terselip karena diduga akibat tumpahan minyak, dia juga sempat melihat motornya dan ketika itu menurutnya baik-baik saja.

Baca Juga: Jadwal Kualifikasi MotoGP Mandalika 2022

“Kemudian saya melihat ke arah dua kaki saya dan ke arah ban, saya melanjutkan untuk memacu dan tiba-tiba di tikungan berikutnya saya kehilangan tenaga, jadi saya ke pinggir trek untuk keamanan saya dan keamanan yang lain. Kemudian saya melihat ke motor, saya melihat semuanya terbakar dan itu sebuah moment yang menakutkan karena di dalam kepala saya seperti ada yang berkata, Alex Rins lompat, karena motor itu mungkin akan meledak, jadi itu bukanlah sebuah moment yang bagus” jelasnya.

Insiden tersebut pun akhirnya membuat Race Direction MotoGP mengibarkan red flag atau bendera merah, sesi FP4 dihentikan sementara dan pihak keamanan FIM memeriksa kondisi trek sebelum FP4 dilanjutkan.

Alex Rins dinilai bisa berpikir cepat dan melakukan yang terbaik dalam kondisi darurat, tentunya jika Alex Rins tidak melompat menjauhi motornya, bisa saja terjadi hal berbahaya, tentunya Alex Rins dan kita semua berharap tidak ada lagi insiden seperti itu ataupun lainnya, semoga babak selanjutnya semua berjalan lancar dan aman.

Dalam babak kualifikasi moment selanjutnya, Rins mendapat start ke delapan yakni hari Minggu 20 Maret 2022. Siaran langsung MotoGP, Moto3, dan Moto2 bisa Anda saksikan di Trans7 sesuai jadwal yang ada.

Baca Juga : Komentar Fabio Quartararo Soal Aspal Baru Sirkuit Mandalika Setelah Menangi FP2