Jenis Makanan Ini Berbahaya Saat Dimakan Mentah, Apa Sajakah Itu?

Beragam penyakit bisa timbul dari memakan makanan mentah, Berikut makanan yang berbahaya bila kamu memakannya mentah !

Jenis Makanan Ini Berbahaya Saat Dimakan Mentah, Apa Sajakah Itu?
ilustrasi bahan makanan mentah yang bahaya bagi tubuh. Gambar : bomanta.com

BaperaNews - Penularan bakteri hingga virus yang banyak terjadi melalui makanan, pengolahan yang kurang tepat atau pun memang sengaja dikonsumsi akan membuat resikonya semakin tinggi. Kurangnya edukasi dalam hal pengolahan makanan hingga kondisi kebersihan makanan itu sendiri, menyebabkan masyarakat bertindak sesuai apa yang mereka pahami saja.

Terdapat istilah di bidang kesehatan mengenai orang yang sudah terlanjur mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi langsung oleh virus dan bakteri yakni foodborne disease. Beragam penyakit bisa timbul karena dari orangnya sendiri, seperti kondisi kebersihan tangan orang yang berperan dalam menyajikan makanan, air yang terkandung di dalam makanan tersebut hingga kondisi kandungan airnya.

Data menunjukkan yang diambil dari WHO, setidaknya setiap tahun terdapat 1,5 miliar orang yang mengidap penyakit diare. Ini artinya masih banyak orang di dunia yang tak mempedulikan kebersihan sehingga memicu munculnya diare.

Makanan mentah merupakan kategori makanan yang memiliki resiko tinggi memaparkan penyakit. Apa saja makanan mentah tersebut?

Sushi dan Sashimi

Siapa yang tak kenal dengan Sushi dan Sashimi yang merupakan salah satu panganan favorit dari Negeri Sakura Jepang. Kedua pandangan tersebut memang dikenal disajikan dalam keadaan mentah dengan bahan dasar ikan tuna.

Kondisi ikan yang masih mentah tersebut meningkatkan transfer virus dan bakteri bisa terjadi kapan saja. Sushi versi lokal jelas lebih aman karena sudah diolah terlebih dahulu. Bakteri yang sering ditemukan pada saat proses pembuatannya antara lain seperti parasit dan bakteri salmonella.

Tiram Mentah

Mengkonsumsi tiram dalam keadaan mentah bisa menjadi penyebab terjadi penyakit Hepatitis A hingga penyakit fibrosis. Untuk penyakit fibrosis sendiri ditandai dengan gejala mual, muntah, menggigil dan diare. Sedangkan Hepatitis A sangat berbahaya karena akan menyerang organ dalam hati.

Telur Mentah

Bakteri paling umum ditemukan pada telur mentah adalah Salmonella. Dengan mengolah telur hingga matang sempurna, jelas lebih aman. Baik pada bagian putih telur atau pun kuning telurnya.

Kacang Merah Mentah

Kacang merah terkenal mempunyai manfaat baik bagi kesehatan. Namun jika kalian mengkonsumsinya dalam kondisi mentah, ternyata bisa menimbulkan racun. Kok bisa? Karena di dalam kacang merah terdapat kandungan zat protein yang dikenal dengan sebutan lektin. Lektin ini sangatlah beracun dan bisa dihilangkan melalui proses memasak hingga matang sempurna.

Singkong

Dari hasil penelitian, singkong terdapat kandungan zat sianida di dalamnya. Sianida bersifat racun yang berbahaya bagi tubuh. Untuk kadar sianida di dalam singkong hanya menimbulkan efek samping seperti mual, muntah hingga terserang diare parah. Mengkonsumsi singkong mentah tak diperbolehkan karena adanya bahaya yang mengintai tersebut. Mengolahnya dengan baik, mampu menghilangkan kandungan sianida tersebut.